Haul Guru Besar Al-Qur’an Nusantara, KH M Moenawwir Ke-81

by Februari 3, 2020
HAUL Warta 0   426 views
durasi baca: 2 menit

Gerbang: Menyambut Haul KH M Munawwir, Panitia menyiapkan beberapa informasi cetak dan daring. Doc: Almunawwir (Istimewa)

Almunawwir.com – Haul almaghfurlah KH M Moenawwir bin Abdullah Rosyad ke-81, KH R Abdul Qodir Monawwir ke-61, para Masyayikh dan Dzurriyyah dan juga Khataman Al-Qur’an ke-XV menjadi acara yang ditunggu tunggu bagi santri, alumni, dan warga sekitar.

Acara ini merupakan jalan untuk mengenal dan mengenang KH M Moenawwir berserta leluhur Krapyak lainnya. Selain itu acara ini menjadi momen yang mendebarkan bagi sejumlah Khotimin dan Khotimat yang akan diwisuda.

Puncak Haul selalu dilaksanakan setiap tanggal 11 Jumadil Akhir tiap Tahunnya. Menginggat di tanggal tersebut KH M Moenawwir berpulang. Pada tahun ini tanggal tersebut jatuh pada tanggal 4 Februari kalender Masehi.

Acara puncak akan dilaksanakan pukul 18.30 WIB di halaman Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak dengan dua acara yakni Wisuda Khataman Al-Qur’an ke XV dengan 185 peserta wisuda yang terdiri dari 120 khatimin Juz Amma dan 49 khatimin dan 16 khatimat 30 Juz bil hifdhi dan Haul KH M Moenawwir, KH R Abdul Qodir Moenawwir, para Masyayikh dan Dzurriyah.

Sedianya acara haul ini akan dihadiri oleh Kepala Staf Kepresidenan Jendral TNI (Purn.) Dr H Moeldoko, S.IP, Menteri Agama RI Jendral TNI (Purn) H Fachrul Razi S.IP SH MH, Wakil Ketua DPR RI DR (HC) H Ahmad Muhaimin Iskandar (Gus Ami), Menteri Desa H Abdul Halim Iskandar dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. Adapun pembicara pada acara haul ini adalah KH Agoes Ali Masyhuri (Pengasuh Pondok Pesantren Modern Bumi Sholawat Sidoarjo).

Baca Juga: Kisah Juang (II): Kuliah, Ujian Penghafal Qur’an?

Sebelum acara puncak terdapat beberapa serangkaian acara guna menyemarakkan Haul. Diawali dengan Muqoddamaan Al-Qur’an 81 Majlis (25 Januari-01 Feberuari) yang dilakukan oleh seluruh santri di Krapyak. Ro’an Akbar (31 Januari) membersihkan lingkungan di seluruh kawasan Al Munawwir.

Selanjutnya terdapat Pembacaan Qosidah Burdah (01 Februari) di halaman Pondok Al Munawwir lalu terdapat Majlis Simaan Al-Quran (03-04 Februari) di Masjid / Aula G Pondok Al Munawwir.

Pada tanggal 04 Februari pukul 09.00 WIB terdapat temu alumni dan sarasehan (IKAPPAM dan HIMMAH AL MUNA) di Aula AB Pondok Pesantren Al Munawwir. Setelah itu melaksanakan Ziarah Kubur dan takhtim Al Quran di Maqbaroh KH M Moenawwir di Dongkelan pada tanggal 04 Februari, Selasa sore.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara Haul ini mendapat antusias yang cukup tinggi dari berbagai pihak. Terlihat saat para santri memenuhi tempat acara pembacaan Qosidah Burdah hingga panitia kekurangan tikar (01/02). Panitia pun menduga bahwa puncak Haul nantinyaa akan sangat ramai yang hadir. Selain itu terdapat pula Shodaqoh bahan makanan yang diterima oleh panitia.

Nantinya acara ini juga diramaikan oleh stand bazar dari berbagai elemen pesantren seperti dari berbagai komplek, orda dan lain sebagainya. Bagi yang berhalangan hadir nantinya dapat melihat live streaming di YouTube Almunawwir Tv.

“Alhamdulilah persiapan acara sudah 100% tinggal eksekusi dan pemantapan dari setiap seksi yang bertugas”, tutur kang Lutfi ketua Haul KH M Moenawwir ke 81.

Tinggalkan Balasan