Safari Dakwah: Pondok Pesantren Al-Munawwir Sambut Syekh Abdul Aziz Al-Syahawi

by Juli 27, 2022
durasi baca: 2 menit

Hari Sabtu (23/7), Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak menyambut dengan hangat kedatangan Syekh Abdul Aziz Al-Husaini Al-Syahawi. Kedatangan Sang Mahaguru ini dalam rangka kunjungan safari dakwah di Indonesia. Sebagaimana dikutip dari Sanadmedia sebagai penyelenggara event ini, Ponpes Al-Munawwir adalah salah satu dari 17 pesantren yang telah dan akan dikunjungi oleh Syekh Abdul Aziz di Indonesia.

Lazim diketahui, bahwa Syekh Abdul Aziz merupakan salah satu ulama senior di Mesir. Beliau merupakan ulama yang dikaruniai hafalan Al-Qur’an yang kuat lengkap pada usia 10 tahun dengan pemahaman yang sanad keilmuannya bersambung hingga Imam Abu ‘Abdillah Muhammad bin Idris Al-Syafi’i.

Di tengah usianya yang sudah senja, beliau masih aktif mengajar di Universitas Al-Azhar Mesir. Kiprahnya sebagai ulama senior mazhab Syafi’i membuat jawaban beliau senantiasa menjadi rujukan atas berbagai problema yang muncul dalam berbagai kalangan.

Pada momen berharga ini, Masjid Jami’ Al-Munawwir menjadi majelis Muhadloroh dan Ijazah Ammah oleh Sang Syekh. Tak terhitung massa yang memenuhi masjid demi mengikuti majelis ini. Massa berasal dari berbagai kalangan, mulai dari santri, masyarakat sekitar, hingga muhibbin dari Syekh Abdul Aziz. Jamaah putra ditempatkan di lantai satu masjid, sedangkan jamaah putri ditempatkan di lantai dua masjid.

Acara pertama adalah pembukaan dan sambutan dari dewan pengasuh Ponpes Al-Munawwir, yakni KH. Abdul Hamid Abdul Qodir dan KH. Afif Muhammad. Setelahnya, dilangsungkan acara inti, yakni Muhadloroh sekaligus Ijazah Ammah oleh Syekh Abdul Aziz.

Pada sesi inti ini, Sang Syekh banyak memberikan butir-butir nasihat dan ilmu yang berharga. Beliau memberikan penjelasan mulai dari urgensi mencari ilmu, kedudukan ilmu-ilmu agama, meliputi ilmu fiqh, ilmu tauhid, dan ilmu tasawuf, hingga hikmah-hikmah seputar al-Qur’an.

Pada sesi akhir, diberikan kesempatan bagi jamaah untuk bertanya. Selain itu, KH. Abdul Hamid Abdul Qodir juga menanyakan perihal qiraat kepada Syekh Abdul Aziz. Seluruh pertanyaan yang masuk dijawab dengan gamblang dan detail oleh Sang Syekh. Dengan perkembangan teknologi, pembaca bisa menyimak dengan lengkap jalannya acara Muhadloroh dan Ijazah Ammah pada kanal youtube Al-Munawwir.

Editor : Irfan Fauzi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.