Khotmil Qur’an Virtual Komplek R dan Komplek Putra Anak Al Fatimiyah

by Januari 30, 2021
durasi baca: 2 menit

Almunawwir.com – Sabtu pagi (23/1) menjadi momen istimewa bagi santriwati Komplek R dan santri Komplek Al Fatimiyah yang telah mendapat gelar sebagai khotimin dan khotimat karena telah menyelesaikan al-Qur’annya. Acara ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya dilaksanakan malam hari, kini acara Khotmil Qur’an dilaksanakan pagi hari dan hanya dihadiri oleh dzurriyyat Pondok Pesantren Al-Munawwir dan wali santri khotimat dan khotimin saja karena melihat kondisi dan keadaan yang belum kondusif dari situasi pandemi covid-19. Bagi santri yang masih berada di rumah acara disaksikan melalui live streaming youtube almunawwir-tv.

Ada 72 Santri yang diwisuda oleh pengasuh pada pagi itu yaitu, 1 santriwati peserta khotmil Qur’an bil-hifdzi 30 juz, 25 santriwati peserta khotmil Qur’an binnadzri, 4 santriwan 5 juz, 8 santriwan dan 34 santriwati peserta khotmil Qur’an juz 30 (juz amma).

Prosesi Khotmil Qur’an dimulai, para khotimin dan khotimat memasuki panggung dan melantunkan alunan ayat Al-Qur’an secara bergantian. Suasana kian haru saat penyerahan syahadah oleh Ibu Nyai Hj. Ida Fatimah Zainal selaku pengasuh Komplek R dan Komplek Fatimiyah kepada khotimat 30 juz bil hifdzi saudari Ngafiatus Shalikhah Binti Bapak Muhtarois, Palembang, Sumatra selatan.

Baca Juga:

Kemudian acara dilanjutkan dengan mauidhoh hasanah yang di sampaikan oleh Ibu Nyai Hj. Hanik Maftuhah dari Temanggung. “Mbahas santri iku kudu istiqomah, tenanan, ojo boros, ojo tumbas-tumbas seng ra penting, ojo metu nek gak ono perlu, lan ojo kokean nyekel hp” pesan beliau.  Acara selesai sekitar pukul 12.00 WIB dan di tutup dengan do’a oleh Ibu Nyai Hj. Munawwaroh Abdul Qadir.

Barokallah untuk para khotimin dan khotimat. Semoga senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjaga hafalan al-Qur’an nya, serta semoga menjadi motivasi dan semangat bagi kita semua untuk bisa mempelajari Al Qur’an bahkan bisa menghafalkan dan menjaganya. Amin ya robbal ‘alamin.

 

Pewarta: Dessy Melyana

Editor: Khansa Syaridah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *