Haul Virtual: Mengenang KH Ali Maksum Mengenang Alim Ulama

by Desember 27, 2020
durasi baca: 2 menit

Bernas: Gus Ghofur menyampaikan materi jaringan ulama tradisional Jawa. Foto: @yayasanalimaksum

Almunawwir.com – Haul kali ini tampak berbeda. Pandemi yang belum surut mengharuskan pelaksanaan Haul Kiai Ali Maksum ke-32 dilakukan secara virtual dengan tetap mematuhi protokol yang ada. Meskipun begitu, antusias pengasuh, santri dan alumni masih sama.

Tercatat, ada setidaknya 12.000 lebih santri dan alumni yang mengikuti haul secara virtual via Live Youtube di channel Krapyak Official. Sedangkan santri yang berada di pesantren mengikuti serangkaian Haul di komplek masing-masing dengan dipasangkan sebuah proyektor.

“Saya merasa terhormat meskipun dalam masa pandemi, masih dapat melakukan penghormatan terhadap Kiai Ali Maksum”, tutur Kiai Abdul Ghofur Maimoen saat mengawali sambutan pada Haul Virtual KH Ali Maksum ke-32 (Sabtu, 23/12/20).

Beliau mengatakan bahwa mengenang Kiai Ali Maksum sama halnya dengan mengenang alim ‘ulama. Menurut beliau hubungan antara guru dan murid pada zaman dahulu bisa terjalin dengan begitu erat. Hal ini dilihat dari hubungan yang masih terjalin lewat silaturahmi, ziarah dan pernikahan.

Baca Juga: KH Miftachul Akhyar Akui KH Ali Maksum sebagai Sosok Berkharisma, Teladan Baik dan Motivator Handal

Jaringan ulama tradisional Jawa kita dahulu sangat kuat. Satu sama lain punya hubungan keilmuan dan kekerabatan yang istimewa. Hubungan keilmuan dibuktikan dengan jalinan ikatan sanad—yang semakin lekat tatkala menimba di satu pesantren ke pesantren lain. Sebagaimana kekerabatan dibuktikan dengan tradisi sowan dan ikatan pernikahan yang terus tersambung sampai sekarang.

“Hubungan satu kiai dengan kiai lain, meski tidak terhubung tapi punya ikatan satu sama lain. Guru dan murid zaman dahulu, meskipun bukan handphone yang menghubungkan tapi rohaniahnya terhubung dengan kuat”, tukas menantu KH Jirjiz Ali tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *