Harlah 110 Pondok Pesantren Dzurriyah Bani KH Muhammad Moenawwir

by November 7, 2021
durasi baca: 2 menit

Almunawwir.com – Harlah Al-Munawwir adalah sebuah acara peringatan kelahiran Pondok Pesantren Krapyak yang didirikan oleh Al-Maghfurlah KH. R. M. Moenawwir pada tahun 1911. Sebagai bentuk rasa syukur terhadap keberlangsungan pondok pesantren sampai saat ini, ahlen muda Bani Munawwir berinisiatif untuk mengadakan peringatan hari lahirnya dengan acara bertajuk ‘Harlah Pondok Pesantren Dzurriyyah KH. R. M. Moenawwir’.

Pada tahun ini, acara harlah yang telah digelar sejak 22 Oktober 2021 dengan serangkaian lomba, ditutup pada Sabtu malam (6/11/21) pada rangkaian “Puncak Acara Harlah”. Acara dibuka dengan tawasulan yang dipimpin oleh K.H.R. Chaidar Muhaimin Affandi yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Diba’.

Mewakili keluarga, K.H Fairuzi Afiq mengucapkan terimakasih kepada para pengasuh dan para santri yang telah meluangkan waktu untuk turut serta memeriahkan acara tersebut. Beliau juga berharap semoga senantiasa tetap diberikan keistiqomahan dan ketabahan dalam membina seluruh komplek yang berada di dalam naungan Pondok Pesantren Dzurriyyah K.H M Moenawwir untuk semakin maju dan berkembang.

Usai sambutan dari Ahlu Bait, acara dilanjut dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh K.H Muhtarom Busyro. Kemudian dilanjutkan dengan Mauidhoh Hasanah yang diisi oleh K.H Abdul Hamid AQ yang merupakan cucu dari K.H M Moenawwir.

Menurut K.H Abdul Hamid AQ, K.H M Moenawwir sudah mengajar di Krapyak sejak 1910 sehingga menurut perhitungan beliau ini merupakan harlah yang ke 111. Beliau juga mengingatkan untuk senantiasa menghormati para pendahulu. Sebab tanpa peran K.H M Moenawwir akan sangat mustahil untuk menginjakan kaki di tempat penuh barokah ini.

Seperti sebuah ungkapan , ‘Al fadhlu lil mubtadi, wa in ahsanal muqtadi‘ . Jika diterjemahkan, kurang lebih bermakna, “Keutamaan adalah milik siapa yang memulai dan mengawali, meskipun, orang yang mengikuti (generasi setelahnya) bisa membuat dan mengerjakan lebih baik”

“Tetap menjaga tradisi yang telah diwariskan oleh pendahulu kita tanpa melupakan sejarah. Mari meneruskan perjuangan Mbah Munawwwir dengan kemampuan masing masing. Dengan kelebihan yang dimiliki mari kita melengkapi satu sama lain. Dan dengan menyadari kelebihan dan kekurangan insyaallah bermanfaat bagi umat”, pesan K.H Abdul Hamid AQ

Acara ini ditutup dengan keseruan pembacaan dan penyerahan hadiah serangkaian lomba harlah.

Semoga dengan adanya harlah ini menjadikan kita lebih semangat dalam menimba ilmu serta dapat meningkatkan kecintaan kita terhadap Pondok Pesantren Dzurriyyah K.H M Moenawwir

Khansa Syaridah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *