Temu Alumni dan Sarasehan IKAPPAM (Ikatan Alumni Pondok Pesantren Al Munawwir)

by Februari 5, 2020
HAUL Warta 0   460 views
durasi baca: 2 menit

Doc: Almunawwir

Almunawwir.com – Temu Alumni dan Sarasehan IKAPPAM (Ikatan Alumni Pondok Pesantren Al Munawwir) rutin dilaksanakan sekali dalam setahun yang bertepatan dengan Haul Almaghfurlah KH Muhammad Moenawwir bin Abdullah Rosyad. Pada haul yang ke-81 ini, temu alumni dan sarasehan IKAPPAM diselenggarakan pada tanggal 4 Februari 2020 yang bertempat di Aula AB PP Al Munawwir Krapyak Yogyakarta.

Acara temu alumni sekaligus temu kangen para santri dimeriahkan oleh hadirnya dua pembicara yang kompeten di bidang Al-Qur’an dan Tafsir, yakni KH Ahmad Bahaudin Nur Salim yang masyhur dengan nama Gus Baha’ dan Prof Dr H Abdul Mustaqim, Guru Besar di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dimulai pukul 09.30 WIB, acara tersebut kian ramai dihadiri oleh alumni-alumni PP Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Sambutan tuan rumah disampaikan oleh KH Muhtarom Busyro mewakili segenap keluarga besar PP Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Sambil menunggu rawuhnya Gus Baha’ para hadirin saling bercengkrama dan menikmati hindangan.

Setelah Gus Baha’ hadir, sarasehan pun dimulai. Adapun KH Ikhsanuddin bertindak sebagai moderator, Prof Dr H Abdul Mustaqim menjadi pembicara pertama dalam memberikan pandangannya terhadap tema sarasehan dari sudut pandang akademisi. Selanjutnya, penyampaian dari Gus Baha’ yang sangat cakap, berwawasan, sekaligus humoris menjadikan acara tersebut semakin menyenangkan para hadirin.

Acara dilanjutkan dengan diskusi tanya-jawab peserta dan pembicara. Begitu waktu dzuhur tiba, hadirin melakukan shalat berjamaah di Masjid Jami’ Al Munawwir. Kemudian dilanjutkan oleh acara makan kembul (makan bersama dengan satu wadah) oleh para hadirin sehingga mereka bernostalgia bersama tentang mondok pada zamannya.

Kenapa tema seperti ini? Karena beberapa alumni merasa kajian-kajian kitab pesantren mengalami penurunan. Ada kesenjangan antara kitab yang dipelajari di pesantren dan tantangan di era sekarang (4.0).

Baca Juga: 65 Wisudawan dan Wisudawati Khatamkan Al-Qur’an

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *