Tawa itu Luka dan Betapa Khilafnya Kita

2 years ago
durasi baca: 4 menit

Oleh : Afrizal Qosim


“Jo kakean ngguyu! ndak apalanmu ilang! Dasar santri jaman now!”, gertak Lek Jo– senior pondok yang berusaha menuturi sekumpulan santri yang bercanda, tertawa terpingkal-pingkal hingga seantero komplek terdengar. Kebribiken.


Sebelumnya Lek Jo lagi serius nderes di aula, menyiapkan setorannya tuk nanti malam, sampai bangkit lantas mencari dan mendekati sumber kegaduhan.

Lek Jo yang masyhur suka melabrak santri baru/“tjah nyar”, mengakali dengan memplokoto menyuruh ini dan itu, mendidik dengan mem-bully prasangka yang bermakna ganda, berujung pada status “seng dituakno” oleh santri sepondok kepadanya.

Lek Jo berkecak pinggang selagi menuturi mereka. Sedang Karim, Jarwo, Pantoso dan Fredi kaguk, bibir tak sanggup berkomentar. Genting. Nampak hanya delapan pasang mata yang memanggul ketakutan. “Maneh-maneh lek guyon jo kebacut, kang! Iling lek lagi njogo apalan”. Imbuh Lek Jo masih bernada gertakan. Keempat cah nyar itu masih kaguk dan gugup mengangguk. Jarwo apalagi, gelas yang masih berisi separuh kopi, tanpa sadar ia pakai untuk asbak puntung rokoknya yang telah memanjang. Cah kenthir.

Baru tatkala Lek Jo pergi, Karim mencoba memberanikan diri. Dia berdiri, berjalan mengikuti Lek Jo. Belum sampai mendekati Lek Jo, dia belok kiri, masuk ke Wc.

Dalam bayang-bayang itu, bertiga mereka tertawa (lagi). Tapi dengan gelagat ngempet.

Setelah itu Pantoso berkomentar, meski tipis-tipis karena takut terkena semprot lagi, “aku sik ra paham lur, menurutku loh, sebenarnya belumlah akut phobia tawa bagi para pencari ilmu dan penghafal al-Qur’an. Perasaan kanjeng nabi juga ga kaku-kaku banget deh. Bila ingin tertawa, ya yang sederhana saja, misal yang dianjurkan Nabi saw; gigi terlihat sedikit dan bunyi nyaring seperti cekikikan kuda. Haa..mosok ngguyu ngono ae wes dilabrak. Kan pye”.

Sebenarnya mereka sedang menikmati jam selo di pondok. Duduk di pelataran, menunaikan ibadah ngopi, sedang nggosip tipis-tipis, mulai dari talaqqi tadi pagi, mbok yem. setoran pagi di pak kiai, jamaah dhuhur hingga lagu-lagu Nella Kharisma dan Via Vallen. Ya “ditinggal rabi”.

“Iyo Pan, koe bener. Aku dewe yo bingung. Mosok  wes diharamno (neh) ngguyu iku? Koyok jamane Mbah Harto kae. Meh nglarang pentas Warkop DKI, Ludhruk, Kethoprak, dll. Lagian ngguyune awak dewe ga perkoro sik aneh-aneh kan yo”. Jarwo menanggapi dengan agak sedikit politis.

“Nah kui Wo, kalau saja tertawa kita nggak semeriah itu–menggema sejagad komplek, mungkin suara burung Emprit di pohon Sawo itu lebih menarik perhatian. Perasaan ngguyuku yo biasa ae sih. Ra seru-seru banget”. Seru Pantoso dengan lumayan nyemestani sambil menyeruput kopi bercampur puntung rokok Jarwo tadi.

Jarwo dan Fredi masing-masing dahinya mengerut, mencoba mencerna omongan si Pantoso yang kebetulan keterima  kuliah dan menjadi mahasiswa di Kampus G jurusan Kriminologi. Selagi keduanya “memeng”, Karim datang dengan senyum tipis-tipis sembari tangannya menyincing sarung yang sedikit basah musabab kecipratan air.

“Lah emang yang paling keras tawanya ini siapa sih?” Fredi bertanya-tanya.

Mendadak semua pasang mata tertuju ke satu arah; Karim.

“Ngopo toh, kok do ngeti aku?! Wong yo lagi teko padahal”. Sergah Karim dengan nada tidak terima. Ia menolak menjadi kambing hitam.

“Sebab koe sik paling banter ngguyu je”. Tegas Pantoso, dia menuding Karim dengan telunjuk tangan kanannya.

“Lah po koe koe ki  yo ra banter? Rumangsaku yo banter kabeh leh e gemuyu, ning po do ra dueni wates geguyon? Dadine lali marang guyune dewe. Jan jane yo bener omongane Lek Jo iku, men atine ra atos, leh ngguyu raoleh banter2, ndak atos atine, lek wes atos ki gampang cuklek atine. Nek wes cuklek ki angel sekabehane, angel ngapalno, angel peka, angel dituturi, ra due pitungan marang keapikan, haa wes pokok e akeh angele lah. Lah nek wes atine cuklek kepiye Jal?”

“Ya disambung tho yo Rim, nggo lem G.” Jawab Jarwo singkat, sembari ngempet ngguyu.

“Disambung ndhasmu, mbok pikir ati ki kocomoto po pye? Padakke.”, timpal Karim separuh menggertak.

Sontak semua tak bisa menahan tawa (lagi).

“Lah koe-koe ki ratau nggatekke pas ngaji at-tibyan fi adabi hamalatil qur’an po?”, Karim nyelethuk.

“Gaero Rim, pye pye pye?” jawab ketiga orang itu saling sahut menyahut.

“Dadi ceritane ngene, permisalan orang yang menghafal al Qur’an kui, podo ro pemilik Unta yang ditambatkan. Coro kui Unto mbok taleni terus ditinggal, iku apik. Lah yen koe angger tawakkal tok, Untoe ra pok taleni, yo modiarroo. Mesti blayu tho yoo”. Terang Karim harap-harap cemas. Takut salah kecap.

“Haa semisal Untoe pincang lak gampang ngejare Rim?”, celoteh Jarwo ngempet ngguyu.

“Kui ki Hadis kang, Lisane Kanjeng Nabi, Jo wani-wani mlinthir”. Tukas Karim.

“Ampun Jendral Karim. Siaap”, Jarwo memohon ketakutan.

Diskusi klub Lek Jo masih berlangsung dengan cair, timpal menimpal bakasan dan guyonan tetap mewarnainya, sementara Syaikh Mahmud Al-Qusyairi telah bertarhim menggunakan speaker masjid. Tanda manjing waktu magrib. Tiba-tiba Pantoso berdehem tiga kali, “ehm..ehm..ehm!, nganu cah, sebenere Lek Jo iku ncen penggaweane ngono, nglabrak i cah sik gemuyuan tok na pondok. Sebab enek waqilah yen Lek Jo iku sering dituturi ro Pak Kiai: “Langge Jo, santri saiki ki nek ngapalne Qur’an ki lamun pengen golek cepete. Gek bar iku leyeh-leyeh, gek lali neh. Ra gelem rekoso khidmah lan perjuangan e. Njaluk e sik instan-instan ae yo Kang?”, Pantoso ngomong sembari mencoba menirukan gaya berbicara pak kiai. Tapi gagal.

“Po kerono kui Lek Jo sering murang-muringi awak dewe yo Pan?”, Karim bertanya dengan penuh kegelisahan.

“Yo cetoh Rim. Makane meskipun Lek Jo wes rampung apalane, ning belio sik kober khidmah na pondok, yo ngeramut awak-awakan sek ra becus iki. Podo bae kale pak yai, meskipun lalarane belio wes rampung pas ngaos ten abah e, ning belio ki sik getol lan sregep ngaji ten kiai Arwani. Pye perasaanmu?.” menggebu-nggebu Pantoso menjabarkan, sampai ludah nyemplung ke kopi yang tinggal setetes terakhir. Istirahat sejenak sekedar nelen ludah, Pantoso melanjutkan, “Titeni yo cah, neh-neh atine ditoto, men ra pecah rasah kokean guyu. Niate diiling2. Jo kebacut nyepeleke omongane guru-gurumu, wani-wani po neh.”

“Amin..amin..aminn”, bertiga mereka macak ngamini.

“Ooo..cah edan!.”

Hehehe

baca juga :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *