Silaturrahmi Pesantren Darud Da’wah Wal Irsyad, Mangkoso, Sulawesi Selatan

almunawwir.com (Krapyak) – Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta berkesempatan menjadi tuan rumah dalam acara silaturrahmi dan kunjungan atau study tour rombongan santri Pondok Pesantren Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI),  Mangkoso, Sulawesi Selatan, yang beranggotakan sekitar 30 santri dan beberapa ustadz-ustadzah pendamping.

Tujuan kedatangan dari rombongan ini adalah untuk study banding tentang pegelolaan Pesantren. Setibanya di Al Munawwir, para rombongan ini disambut hangat oleh Ustad Abdul Jalil dan Pengurus pusat, sekitar pukul 08.00 WIB di Gedung Aula G, Ahad (08/10/17)  serangakian kegiatan audiensi dimulai dengan suasana yang penuh hangat dan kekeluargaan.

Dalam agenda silaturrahmi ini, salah satu pembina Pondok Pesantren DDI Mangkoso, sekaligus kepala Madrasah I’dadiyah Ust. Muhammad Agus menyampaikan bahwa Pondok Pesantren DDI Mangkoso adalah pusat pendidikan yang masih tetap mempertahankan nilai-nilai kemurnian ilmu kepesantrenan dengan mempertahankan kitab kuning dan juga masih tetap eksis sampai sekarang. Selain dikenal sebagai pondok pesantren DDI merupakan organisasi masyarakat yang membina sekitar 800 lebih lembaga pendidikan.

Beliau juga menambahkan, bahwa sudah sejak lama ingin mengunjungi krapyak, karena nama Al-Munawwir sudah sangat terkenal disana. Itu dikarenakan Kamusnya Al-Munawwir merupakan kamus utama yang digunakan di pondok  pesantren DDI.

Dalam kesempatan study banding kali ini, Ust. Agus menanyakan diantaranya tentang manajemen keuangan, kegiatan-kegiatan Takhasus tahfidz dan takhasus salafiyah di Pesantren Al-munawwir. Juga mengenai kurikulum dan proses belajar mengajar, serta sistem jam kerja di pesantren Al-Munawwir dalam manajemen waktu kerja santri yang diharapkan dapat diterapkan di Pesantren DDI. Pertanyaan demi pertanyaan beliau lontarkan kepada bapak H. Abdul Jalil, S.Th.I.,M.S.I.   kemudian dijawab dengan serius dan sesekali diselingi dengan canda tawa.

Disisi lain, Ustadz Wahid Luthfi selaku pengurus pusat Pondok Pesantren Al Munawwir. Beliau menyampaikan bahwasannya, pihaknya menyambut baik kedatangan Pondok pesantren DDI Mangkoso. Beliau juga memaparkan mengenai program-program yang ada di Al-Munawwir.

Acara ini diakhiri dengan pembacaan do’a oleh bapak H. Abdul Jalil, S.Th.I.,M.S.I. kemudian diteruskan dengan pemberian cinderamata, dilanjutkan dengan pembagian kelompok untuk meninjau langsung situasi kelas madrasah salafiyah yang ada di pondok pesantren krapyak ini. [Siti Sa’adah]

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *