Santri Komplek R Khusyuk Peringati Rebo Wekasan

Rebo Wekasan merupakan hari rabu terakhir di bulan Safar. Di hari itu, ditandai dengan peristiwa Allah Swt. menurunkan berbagai macam malapetaka yang akan terjadi selama satu tahun.

almunawwir.com [Krapyak] Seluruh santri komplek R pondok pesantren Al Munawwir semarak peringati Rebo Wekasan.Tepatnya Rabu (14/11/17) telah dilaksanakan agenda rutin tahunan Rebo Wekasan. Seluruh santriwati komplek R bergegas berkumpul di musholla selepas jama’ah sholat Maghrib. Acara tersebut diisi dengan pembacaan shalawat Nariyah dan do’a bersama yang dipimpin langsung oleh Ibu Nyai Ida Fatimah Zainal.

Suasana saat pembacaan shalawat nariyah dan doa bersama

Para santriwati terlihat khusyuk dalam melantunkan shalawat. Sebanyak 4444 kali shalawat Nariyah dilantunkan oleh seluruh santriwati. Pemilihan bilangan 4444 ini, memiliki akar tradisi yang kuat. Yang mana bilangan itu telah ada dan diwariskan oleh Mbah Munawwir bin Abdullah Rosyad. (-Red.)

Selepas membaca shalawat Nariyah, Ibu Ida memberikan wejangan ihwal Rebo Wekasan itu sendiri, bahwa Rebo Wekasan merupakan hari rabu terakhir di bulan Safar. Di hari itu, ditandai dengan peristiwa Allah Swt. menurunkan berbagai macam malapetaka yang akan terjadi selama satu tahun.

Dalih membaca shalawat Nariyah merupakan salah satu amalan yang mustajab dan memiliki banyak kegunaan. Salah satunya daf’ul bala’ (tolak balak).

Setelah membaca shalawat Nariyah, segerakan memohon kepada Allah agar dapat membentengi diri dari cobaan, meminta agar diberi keselamatan, dan dikabulkan seluruh hajatnya.

Terakhir, dalam wejangannya Ibu Ida berharap semoga dengan berkah shalawat Nariyah, seluruh santriwati selalu diberikan keselamatan dunia akhirat dan mendapatkan syafaat dari Rasulullah. Acara ini lalu ditutup dengan do’a dan makan bersama. [Nufahn]

baca juga : Dramatikal Fiqih : “Ajang untuk Membangun Kratifitas & Melatih Mental Santri”

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *