Pembukaan Ujian Sima’an Menyongsong Khotmil Qur’an dan Haul Al Maghfurlah KH. Munawwir

Menuju Haul ke 79 Al Maghfurlah K.H. Munawwir

majlis simaan khotmil quran haul kh munawwir

Almunawwir.com – Sabtu Malam Ahad (06/01/2018) KH. R. Muhammad Najib Abdul Qodir Munawwir secara resmi membuka Ujian Sima’an di Aula Baru Pondok Pesantren Al Munawwir, Krapyak Yogyakarta.

Pembukaan yang dihelat ba’da Isya’ itu dihadiri juga oleh sebagian santri Komplek Madrasah Huffadh 1, Ribathul Qur’an dan Padang Jagad.

“Ujian Sima’an ini sudah menjadi kewajiban bagi para santri yang hendak mengikuti Khotmil Qur’an. Mayoritas mereka yang menjadi khatimin adalah mereka yang telah merampungkan setoran hafalan 30 Juz kepada Romo KH.R.M. Najib Abdul Qodir.” Ujar Ustadz Ainul Imdad selaku Ketua Panitia Khotmil Qur’an ke-14.

baca juga : Parade Menulis Memperingati Haul KH. Munawwir Bin Abdullah Rosyad 2018 (Khusus Santri Al Munawwir)”

Tradisi tersebut, lanjut Ustadz Ulim, sudah ada sedari awal berdirinya pesantren ini. Ketika ditanya soal tujuan diselenggarakannya Ujian Sima’an, dia menjawab kegiatan ini sekaligus sebagai prasyarat kelulusan khatimin untuk bisa mengikuti Khotmil Qur’an.

Ujian Sima’an ini dilakukan secara marathon, dimulai pada hari Sabtu malam Ahad 06 Januari 2018 sampai tanggal 6 Februai 2018. Masing-masing peserta Ujian Sima’an diberi waktu sehari semalam untuk merampungkan Hafalan Al-Qur’annya.

Kurang lebih lima puluh hari lagi Haul Al-Maghfurlah KH. Moenawwir bin Abdullah Rosyad ke- 79 akan digelar. Haul yang akan jatuh pada tanggal 26 Februari 2018 akan dihadiri juga oleh KH. Abdul Qoyyum Manshur atau Gus Qoyyum dari Lasem.

Peringatan Haul sekaligus Khotmil Qur’an ke – 14 ini, diawali dengan Ujian Sima’an bagi para khatimin dan khatimat. Sebelum jatuh pada rangkaian acara yang besar seperti Majlis Burdah, Sima’a Kubro, Ziaroh Makbaroh dan Majlis Haul.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *