Nugget Tahu Ala Santri Nurussalam Putri

by November 6, 2017
Uncategorized Warta 0   402 views
durasi baca: 2 menit

almunawwir.com (Krapyak) – (05/11/2017) Minggu pertama pada tiap bulan sudah menjadi rutinitas bagi (santri Nurussalam Putri) mengadakan demo santri. Ini bukan demo hura-hura dijalan, melainkan Demo yang diadakan setiap bulan dengan dipimpin oleh santri perkomplek secara bergantian. Demo yang diadakan bisa tentang demo masak, membuat bunga, dan skill lain yang berhubungan dengan keputrian.

Pada bulan November ini, komplek Hafsoh lah yang mendapat giliran untuk mengadakan demo. Kali ini komplek Hafsoh menyajikan demo masak dengan menu “Nugget tahu ceria ala Hafsoh squad”. Mau tahu cara membuatnya ??? mari simak resep pembuatan nugget tahu ala Hafsoh Squad  berikut ini:

TAHU. Siapa yang tidak mengenal tahu? Ya, tahu  merupakan makanan yang tak asing bagi semua masyarakat indonesia terlebih bagi para santri. Selain harganya yang terjangkau tahu juga memiliki cita rasa yang khas. Rasa khas ini berasal dari kedelai yang sudah diolah melalui proses panjang. Tahu juga memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah diolah ke berbagai varian makanan.

Seperti yang kita kenal, tahu biasa diolah menjadi lauk, bisa juga ditambahkan dalam sayuran. Namun kali ini, Hafsoh Squad mengemas tahu menjadi sebuah makanan keluarga yang bisa dinikmati sambil bersantai dengan tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. “Nugget Tahu” merupakan makanan dengan bahan dasar tahu. Adapun bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat makanan ini diantaranya :

• Tahu (bisa tahu putih, tahu pinggiran, dll)

• Bawang Bombai

• Bawang putih

• Daun Bawang

• Garam

• Mrica

• Telur

• Tepung terigu

• Tepung panir

langkah-langkah pembuatan nugget tahu ceria ala hafsoh squad tergolong sangat mudah dan merakyat, caranya adalah sebagai berikut :

1. Cincang bawang bombai dan bawang putih, lalu tumis dengan sedikit minyak, hingga mengeluarkan bau harum.

2. Haluskan tahu bersama tumisan bawang, irisan daun bawang, dan bumbu lain (garam, mrica, dll-sesuai selera)

3. Kocok telur, kemudian masukkan kedalam adonan.

4. Haluskan kembali adonan yang telah ditambahkan telor.

5. Kukus kurang lebih 15 menit, untuk menghasilkan adonan yang agak kaku.

6. Angkat dan dinginkan adonan.

7. Bentuk adonan nugget sesuka hati.

8. Balut nugget yang sudah di bentuk dengan tepung terigu.

9. Masukkan kedalam putih telur

10. Gulingkan diatas tepung panir, hingga nugget terbalut sempurna.

11. Goreng dengan minyak panas dan api sedang, angkat setelah warna menguning, kemudian sajikan dalam piring.

12. Nugget tahu siap untuk disajikan.

Seperti itulah cara membuat nugget tahu ala hafsoh squad. Mudah bukan?

“Kami membuatnya dengan penuh cinta dan kasih sayang, sehingga hasilnya pun sangat luar biasa” tutur salah satu anggota Hafsoh. “Kami tambah satu resep rahasia. Resepnya yaitu jangan lupa baca do’a sebelum membuat dan berdzikir/bersholawat saat proses pembuatan, suapaya makanan yang dibuat barokah” pungkas salah satu anggota lain. [Zahrotur R. dan Fildzah Lina R.] Editor :  Faridz Anwar


Selamat mencobanya. Nantikan resep-resep selanjutnya.

Hafsoh squad : Arum Pangesti, Irmayati, Fildzah Lina R., Maya Kholida, Zahrotur Rohmah,  Endah Kartika, Azkya Mudzlifatul J, Lutfia Rahmi, Rahma Putri, Siti Hafsoh, Fani Rifqoh, Laili H.A.M.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *