Menuju Haul 78 : Santri Huffadh Tuntaskan 154 Khataman Al Qur’an

by Maret 2, 2017
Event HAUL Warta 0   205 views
durasi baca: 2 menit

KRAPYAK, Dalam rangka menyambut sekaligus menyemarakkan Haul Al Maghfurlah Al Muqri’ Simbah KH. Munawwir, 154 khataman Al Qur’an terkhusus beliau, telah terselenggara dengan tuntas.

Kegiatan yang dipelopori oleh para santri Komplek Madrasah Huffadh 1 dan Ribathul Qur’an Putra dalam naungan Pondok Pesantren Al Munawwir itu, merupakan agenda baru yang di tahun-tahun sebelumnya belum pernah terselenggarakan.

Respon dan antusiasme para santri untuk menyukseskan agenda khataman itu sangat besar. Terhitung sejak dibuka atau diawali pada tanggal 21 Februari 2017, para santri dari kedua komplek yang diasuh oleh KH. R. Najib Abdul Qodir tersebut, berduyun-duyun mendaftar untuk ikut mengkhatamkan. Hingga pada tanggal ditutupnya pendaftaran, yakni 25 Februari 2017, panitia menerima 154 santri yang berhasrat mengkhatamkan Al Qur’an. Dengan pola sendiri-sendiri dan ada pula yang berjama’ah dalam mengkhatamkannya.

Panitia memberi jangka waktu untuk mengkhatamkan kurang lebih 2 minggu. Terhitung semenjak tanggal 21 Februari 2017 sampai 02 Maret 2017. Tepat pada tanggal penutupan, ba’da Isya’, para santri Madrasah Huffadh 1 dan Ribathul Qur’an berjalan menuju maqbarah KH. Munawwir secara berjama’ah untuk menunaikan ibadah ziarah sekaligus penutupan 154 khataman Al Qur’an.

Di malam jum’at itu (02/02/2017), bertempat di Maqbarah KH. Munawwir di Dongkelan—sekitar 7 km dari Krapyak—takhtiman tersebut dipamungkasi, dengan ritual pembacaan tahlil oleh Ust. Mahsun dan pelafalan do’a oleh Ust. Abdullah Faqih.

Meski dengan penerangan yang minim, dan terdengar suara pekerja bangunan yang sedang lembur malam, para santri tetap khusyu’ mengikuti serangkaian acara takhtiman tersebut. Menurut Ust. Rikza Al Banna, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mahabbah serta ghirrah kita untuk menauladani jejak yang telah digariskan simbah. Selain itu, lanjut Ustadz sekaligus Lurah MH1 & RQ itu, kedepannya semoga program yang seperti ini sanggup dipertahankan dengan baik. (AQ)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *