Mengintip Persiapan Panitia Haul Mbah Munawwir ke-80

durasi baca: 2 menit

Krapyak – Haflah Khotmil Quran dan Haul KH M Moenawwir ke-80 tinggal menghitung hari. Pada H-3 acara, panitia sibuk menyiapkan segala kebutuhan acara. Mulai dari konsumsi, akomodasi, perlengkapan, keamanan, hingga serangkaian latihan-latihan yang dijalani oleh para calon khotimat sejak November silam. Puncak acara yakni Khotmil Quran dan Majlis Haul akan diadakan pada Jumat, (15/02/19).

Ketua Panitia Haul, Maulana Muchibburrohman menjelaskan, persiapan acara sudah mencapai 90 persen. Diperkirakan jamaah yang bakal hadir melebihi 5 ribu orang.

Majlis Semaan Alquran (09/02/19) menandai dimulainya serangkaian acara pada haul kali ini. “Jumlah majlisnya pun lebih banyak dari tahun kemarin, sekarang ada 120 majlis yang diselenggarakan atas kerjasama dari Panitia Haul dan Himmah Almuna,” ungkapnya.

Selain itu, pada hari Ahad (10/02/19) seluruh santri Pondok Pesantren Almunawwir melaksanakan Ro’an Kubro. Yaitu bersih-bersih komplek dan area di sekitar pesantren. “kegiatan ini bertujuan untuk memberikan tauladan supaya para santri giat menjaga kebersihan,” pesan Gus Aan, sapaan akrabnya.

baca juga : “Kisah Juang (2) : Khotimat Juz ‘Amma Termuda”

Selanjutnya, pada malam rabu (12/02/19), diselenggarakan peringatan 1 tahun Haul KH Abdul Hafidh AQM yang akan diikuti oleh undangan dan para santri. Di hari berikutnya yakni malam kamis (13/02/19) diselenggarakan pembacaan Salawat Burdah yang akan diikuti oleh seluruh santri krapyak dan masyarakat secara umum.

Lalu pada hari kamis pagi (14/02/19) akan diselenggarakan majlis semaan yang bertempat di pusat Pondok Pesantren Al Munawwir yang kebanyakan akan diisi oleh kiai-kiai, ahlein, dan beberapa santri pilihan. Besok paginya (15/02/19) diawali dengan kegiatan Bahsul Masail Quraniyyah yang diselenggarakan atas kerjasama dari Ikappam (Ikatan Alumni PP Almunawwir) dan Himmah Almuna (Himpunan Alumni Madrasah Huffadh PP Almunawwir).

“Dan acara puncak yaitu Khotimil Quran dan Majlis Haul akan dimulai setelah magrib dengan perkiraan pukul 18.30 dan selesai pada 00.00. Penceramah dalam majlis haul akan diisi oleh Drs. KH. Muhammad Mukti, M.Pd.i (pengasuh PPQ Al Amin. Banyumas)” imbuhnya.

baca juga : “Kisah Juang (1) : Azreen, Khotimat 15 Juz Termuda Sering Nglindur Sambil Nderes”

Panitia sudah menyediakan lebih dari 250 kursi untuk tamu VIP dan 2000-an kursi untuk tamu undangan beserta masyarakat sekitar. “Dalam mengantisipasi membludaknya jamaah yang ingin hormat Haul Mbah Munawwir, panitia sudah menyiapkan 6 giant screen di luar maupun dalam area pondok untuk memecah konsentrasi,” terang koordinator divisi media.

“Bagi yang belum bisa hadir secara langsung, kami juga menyiapkan live streaming di akun Youtube kami yaitu Almunawwir Tv,” imbuhnya.

Dalam hal keamanan, panitia juga telah bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, seperti polisi dan banser di lingkup kerja Yogyakarta. (afqo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *