Peringatan Maulid Pondok Pesantren Al Munawwir

by Januari 19, 2017
Warta 0   258 views
durasi baca: 2 menit
Maulid Pondok Pesantren Al Munawwir

Maulid Nabi Muhammad Sollahu ‘Alaihi Wasallam di Pondok Pesantren AL Munawwir Krapyak

Krapyak, Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. Di PondokPesantren Al Munawwir telah selesai terlaksana.

Bertepatan pada hari Kamis Malam Jum’at, 22 Desember 2016/22 Rabi’ul Awwal 1438 H. Acara ini di ikuti oleh para Masyayikh dan seluruh santri/santriwati.

Beberapa santri dari berbagai komplek seperti Madrasah Huffadh 1, Madrasah Huffadh 2, Ribathul Qur’an, Komplek L Putra, Nurussalam Putra, Al Kandiyyas, Komplek IJ, Komplek EF, Komplek Padang Jagad, Komplek CD/AB, Komplek T, KomplekArofah, Komplek K1, Komplek M, Komplek GIPA, Komplek S, Komplek R1/R2, Ribath Putri, Komplek Q, NurussalamPutri, Komplek L Putri.

Sembari menunggu kedatangan santri dan santriwati, acara diawali pada pukul 20.15 WIB dengan pembacaan Qashidah oleh GrupHadrah Al Munawwir. Selain itu, acara juga di meriahkan oleh hujan yang berulang kali turun, bukan maksud melaknat melainkan menambah khidmat dalam pembacaan sholawat.

IMG_9646

Lantas, dilanjut dengan acara inti yang dalam hal ini dipimpin oleh MC dengan kreasi tiga bahasanya (Arab, Indonesia dan Jawa).

Tentu, Al Fatihah dipakai sebagai isyarat pembuka acara tersebut. Kemudian Pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh Muhammad Alvin Fauzi (Santri Al MunawwirKomplek SMK). Kemudian diteruskan dengan pembacaan Maulid Ad-diba’I oleh Hadrah Al-Munawwir. Lalu Mauidhoh Hasanah oleh KH. Fairuzi Afiq Dalhar.

Beliau mengingatkan untuk terus memegang teguh niat dan iman dalam mondok (wayahe mondok yowayahe ngaji/ ketika di Pondok,  ya harus konsen mengaji). Tak terlupa pula beliau menyindir ihwal sumbangsih apa yang dapat kita berikan kepada Nabi kita kecuali bersholawat.

Sholawat kita, nantinya akan menjadi gandolan kita kelak. Pun dengan bersholawat, kita akan dikenal oleh beliau, Nabi Muhammad Saw. Demikian itu adalah nasihat dari PengasuhKomplekNurussalam

Serangkaian acara tersebut di lalui dengan penuh taat dan khidmat. Meski dihelat di tempat yang sebenarnya kurang luas dan dihiasi gerimis hujan, tak mengurung niat para santri/ santriwati untuk tetap datang.

“Acaranya sesuai harapan kita, terbilang sukses dan lancar, para santri/ santriwati demikian bersemangat” ujar Ust. As’ad Syamsul Arifin.

Lurah PP. Al Munawwir tersebut juga menjabarkan “Bahwasannya  acara ini diharapkan menjadi ghirrah untuk tetap menjunjung tinggi Nabi Muhammad Saw, serta meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi Saw. Sejalan juga dengan tema yang kita usung, yakni Meningkatkan Kecintaan Kepada Nabi”.

Acara yang dilaksanakan setiap tahun itu, disikapi lain oleh Siti Sa’adah (Santriwati Komplek R2) “pemilihan tempat yang kurang pas, sehingga tadi saya lihat banyak dari santri yang putar balik, sebab melihat tempat yang minim kapasitas. Selain itu, lanjut Sa’adah, yang hadir pun masih kurangdari 50 % dari jumlah santri PP Al Munawwir. Tapi secara keseluruhan kurang lebih sudah maksimal”.

Waba’du, Sebagai penutup dari serangkain acara tersebut adalah Do’a, yang dibawakanoleh KH. Muhammad Munawwar Ahmad (Pengasuh Komplek L). Lantas dengan pembacaan hamdalah bersama-sama, para santri/ santriwati bergegas kembalike kompleknya masing-masing. (AQ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *