Majlis Istima’il Qur’an Malem Sabtu Wage

by April 28, 2017
Event Warta 0   168 views
durasi baca: 2 menit

Sima’an Rutin Malem Sabtu Wage

Kembali digelar, (Sabtu, 2 Sya’ban 1438 H) Krapyak berkumandang Al Qur’an dimalam Sabtu wage, seiring awan yang yang cerah tanpa mendung ini menjadi semangat santri dalam mengikuti sebuah acara yang diadakan di Serambi masjid yang adem, ayem tur tentrem, membuat para santri nyaman mengikutinya.

Majlis Istima’il Qur’an Malem Sabtu Wage [doc. Mifta]

Sema’an Al Qur’an, merupakan kegiatan rutinan yang diselenggarakan disetiap bulannya, yakni pada malam sabtu wage.  Kegiatan yang diadakan di Serambi Masjid Pondok pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta, kegiatan ini dimulai ba’da Isya’. Kemudian diikuti oleh santri-santri pondok Pesantren Krapyak, baik dari Al Munawwir maupun dari Ali Maksum.

Kegiatan yang merupakan kegiatan untuk membumikan Al Qur’an Nusantara ini sudah menjadi agenda yang sangat penting bagi masyarakat santri. Selain untuk mengikuti acara rutian juga sebagai ajang untuk tahsinul Qur’an (membenahi bacaan Al Qur’an dengan cara menyimak para qori’ yang sedang bertugas membaca Al Qur’an).

Hal ini dapat mengintrospeksi apakah bacaan yang selama ini sudah sesuai dengan tajwidnya atau belum, juga sebagai salah satu cara mentakror/ mmengulangi hafalan Al Qur’an bagi Qori’, dengan meghafal ulang di depan para qori’ yang lain juga disimak oleh para santri-santri.

Sema’an Al Qur’an yang dimulai pada ba’da isya ini dilaksanakan hingga pukul 22.30. Sema’an menggunakan metode bergilir. Seusai dibacakan oleh Para Ustadz dan Santri Senior, satu qori memulai dengan membaca satu halaman. Kemudian dilanjutkan oleh qori’ yang lain secara bergantian, begitu seterusnya hingga selesai. [doc. Mifta]

 

 

 

baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *