Majelis Masyayikh

Majlis Taklim pondok Pesantren Al-Munawwir telah dimulai sejak tahun 1970 an dan mendapat sambutan positif dari masyarakat luas, karena peluang dan kesempatan pada segenap kaum muslimin dan muslimat untuk memperdalam ilmu keagamaan. Tujuan utama didirikannya majlis taklim ialah untuk membantu kelancaran mendalami kitab kuning dan meningkatkan pengetahuan dalam beribadah bagi pesertanya. Tujuan lainnya adalah agar kaum muslimin dan muslimat dapat memperkuat persatuan dan kesatuan antara warga masyarakat dengan pondok pesantren demi terjalinnya ukhuwah islamiyah yang kokoh. Majlis Taklim diikuti oleh masyarakat umum sekitar pesantren, krapyak, Bantul dan umumnya Yogyakarta umumnya. Yang mengikuti pengajian ini bukan hanya dari kalangan ulama dan cendikiawan, ustadz, akan tetapi tokoh masyarakat dan kaum remaja. Hingga sekarang majlis Taklim yang diadakan Pondok Pesantren Al-Munawwir ada tiga kelompok., yaitu :

1. MAJLIS TAKLIM UNTUK KELOMPOK ORANG TUA

Majlis Taklim ini diikuti oleh masyarakat sekitar dan diadakan pada setiap selapanan (bulanan), yaitu setiap hari jum’at legi untuk ibu-ibu, dan setiap malam sabtu wage untuk bapak-bapak, dibawah bimbingan langsung KH. Zainal Abidin Munawwir. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah: Untuk memberi bekal pengetahuan agama Islam. Untuk memberi dorongan dalam mengerjakan ibadah wajib Untuk memberi bekal amaliyah yaumiyah. Adapun bentuk kegiatan majls taklim ini adalah pengajian dan tanya jawab yang sebelumnya didahului mujahadah bersama.

2. MAJLIS TAKLIM UNTUK ALUMNI.

Majlis ini diadakan khusus untuk para alumni di Wilayah Yogyakarta baik mereka yang sudah berstatus sebagai pengasuh pondok pesantren ataupun tidak. Dengan bentuk acaranya yaitu, mujahadah bersama, dilanjutkan pengajian dan tanya jawab soal-soal waqi’iyah (masalah yang sedang dihadapi di masing-masing daerah asalnya). Kegiatan ini dibawah bimbingan KH. Zainal Abidin Munawwir.. Tujuan utama diselengarakannya pengajian ini adalah : Mendalami dan membahas kitab-kitab agama dan masalah pembangunan pendidikan, kebudayaan, kemasyarakatan. Membahas dan mencari pemecahan terhadap masalah-masalah yang diangkat dalam rangka peningkatan dan pengembangan Pondok Pesantren Al-Munawwir sebagai lembaga pendidikan. Meningkatkan kepedulian terhadap almamater dan ukhuwah Islamiyah sesama Alumni. Dengan keseragaman keilmuan dalam menjawab tantangan zaman dan kejadian keseharian di masyarakat. Kumpulan hasil tanya jawab tersebut dicetak dan diterbitkan oleh pengurus Alumni, dan setiap acara haul KH. M. Moenawwir diberikan kepada Alumni yang datang dari penjuru nusantara dengan mengganti ongkos cetak.

3. MAJLIS TAKLIM UNTUK KAUM REMAJA, BAIK PUTRA MAUPUN PUTRI.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Agus H. Muhammad Chaidar Muhaimin. Majlis ta`lim ini bernama Jam’iyyah Taklim dan Mujahadah Jum’at Pon (JTMJP). Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah : untuk memberi bekal kepada para pemuda/pemudi pengetahuan agama Islam. Untuk memberi dorongan dalam mengerjakan ibadah wajib dan amaliyah yaumiyah , dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dilarang agama. Untuk memberikan bekal keimanan dan ketaqwaan kepada Allah bagi mereka yang hidup di daerah Istimewa Yogyakarta, dan sekitar. Hingga sekarang, anggota jama’ah JTMJP mencapai 1500 lebih dari kalangan kaum muda-mudi di seluruh Wilayah Yogyakarta, dan bahkan sudah membuka cabang diluar Yogyakarta, yaitu di Cilacap, Kebumen dan Klaten. Sebagian besar dari mereka adalah mahasiswa-mahasiswi baik negeri atau swasta. Kegiatan ini diadakan setiap selapanan, pada malam jum’at Pon bertempat di halaman Pondok Pesantren Al-Munawwir dengan bentuk acaranya, yaitu Mujahadah, pengajian umum keagamaan, dan Shalat tasbih bersama-sama di masjid. Selain itu, pada setiap malam Ahad

Bagikan