Ma’had ‘Aly

AL-MA’HAD AL-ALY (Perguruan Tinggi Ilmu-ilmu Salaf ) Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta Al-Ma’had Aly adalah perguruan tinggi ilmu salaf yang merupakan jenjang pendidikan klasikal teratas di Pondok Pesantren Al-Munawwir ini, dengan masa kuliah 4 tahun (8 semester) Perintisan dan pendirian lembaga pendidikan Ma’had Aly ini setelah menyadari akan perlunya suatu lembaga pendidikan tinggi yang bersifat pendalaman (Ta’ammuq Fi Ad-Din ) untuk masyarakat dan alumni, yang telah menyelesaikan pendidikan di tingkat menengah atas.

haiatut-tholabah-mahad-alySelain itu juga peran serta para Alumni yang menginginkan terwujudnya lembaga pendidikan Tinggi di Pesantren Al-Munawwir. Setelah diadakan study banding ke Jakarta yang dipimpin oleh Bapak al Marhum KH. Drs. Muh. Hasbullah A. Syakur dan atas restu dari KH. Zainal Abidin Munawwir, KH. Warsun Munawwir, dan keluarga besar Al-Munawwir, maka pada Tahun 1414 H/1993 M secara resmi dibuka dengan menerima Mahasiswa/Mahasiswi angkatan pertama sebanyak 30 orang. Hingga sekarang Al-Ma’had Al-Aly telah memasuki Tahun ke-14 pada Tahun Akademik 1428-1429 H./2007-2008 M. TUJUAN Tujuan didirikannya Al-Ma’had Aly adalah : Menyampaikan risalah Islam dalam ujud pendidikan dan pengajaran tingkat tinggi Menanamkan roh islamiah serta pendalamannya (Ta’ammuq Fi Ad-Din) kepada mahasiswa sesuai tradisi ilmiyah Salafus Salih) Menyiapkan kajian-kajian diniyah Islamiyah yang representatif Menyiapkan kader ulama’ dan sarjana muslim yang mumpuni, fuqoha’ fi- Din yang siap memecahkan persoalan hukum yang dihadapi umat Islam, kini dan mendatang yang berlandaskan kitab Allah dan sunnah Rasulullah.

Untuk menghasilkan alumni yang terampil dalam membaca kitab dan berbahasa arab, berkualitas dalam mengantisipasi dan memecahkan persoalan hukum, berakhlak mulia, Ma’had Aly menggunakan metode pengajaran sebagaimana yang dilakukan oleh pendidikan tinggi strata I (S 1) Timur Tengah.

Perguruan ini membuka jurusan syari’ah dengan masa kuliah selama 4 tahun dan ditempuh dalam 8 semester. Mahasiswa/Mahasiswi yang sudah menyelesaikan teorinya, maka diwajibkan membuat Talhish (Rangkuman) dari kitab-kitab yang ditentukan. Pembuatan Talhish ini dimaksudkan, selain sebagai ganti pembuatan karya ilmiah (skrepsi) juga yang lebih penting untuk mempertanggungjawabkan keilmiahannya dalam menguasai Kitab Kuning yang telah dikajinya. Adapun kitab-kitab yang di Talkhis sebanyak 4 kitab yang pernah di kaji, kemudian diadakan ujian (Munaqasah). Sedangkan penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan pada setiap bulan Muharram dengan melalui seleksi baca kitab dan tertulis. Untuk menunjang keberhasilan study di Ma’had Aly, maka para mahasiswa diberi kesempatan untuk menambah pengalaman di luar jam akademik, yaitu kegiatan ekstrakurikuler yang tergabung dalam organisasi HTMA (Haiatut Tholabah lil Ma’hadil ‘Aly) Organisasi Mahasiswa Ma’had Aly. Dengan kegiatan yang paling menonjol adalah pengembangan Bahtsul Masail baik untuk intern maupun umum. Bahsul Masail intern diselenggarakan setiap hari ahad, kamis. Sedangkan bahsul masail umum dilaksanakan setiap tahunnya dengan mengikut sertakan peserta dari pondok-pondok yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, juga dari Jawa.

Mata Kuliah Inti Kitab Jenjang/waktu Tempuh 1. Hifd Al-Qur’an Karim 2. Qiro’ah Sab’ah Siroj al qori’ wa Tidzkar al-Muqri’ 4 Semester 3. Tafsir Tafsir al-Qur’an li al-Baidhowi 8 Semester 4. Ahkamul Qur’an Ahkam al-Qur’an li al Imam As-Syafi’i 4 Semester 5. Asbabun Nuzul Lubab an-Nuqul Fi Asbab an-Nuzul 4 Semester 6. Hadits Faid al-Qodir/Musnad asy-Syafi’i 8 Semester 7. Hadits Ahkam Ibanah al-Ahkam 4 Semester 8. Asbabul Wurud Al-Bayan wa at-Ta’arif li Ibn Hamzah 4 Semester 9. Fiqh Asy-Syafi’i Al-Muhadzab li Abi Ishaq 8 Semester 10. Fiqh Al-Madzahib Al-Fiqh Al-Islamy wa Adillatuhu 8 Semester 11. Mabadi’ Ushul al-Madzahib Bidayah al-Mujtahid li Ibn Rusdy 6 Semester 12. Ushulul Fiqh Al-Ahkam Fi Ushul al-Ahkam 6 Semester 13. Qowa’idul Fiqh Al-Asbah wa an-Nadhoir li As Suyuthi 6 Semester 14. Ilmu Faroidh Syarh Rahbiyah 4 Semester 15.Al-Qodho’wa as Siyasi yah asy- Sya’iyyah Li Wahbah Ar-Ruhaili 2 Semester 16. Tahuid Syarh Jauharoh at-tauhid 4 Semester 17. Thasawwuf Awarif al-Ma’arif li Abd al-Qohir 4 Semester 18. Hikmah at-Tasyi’ Hikmah at-Tasyi’ li al- Jurjawi 2 Semester MATA KULIAH PENDUKUNG 1. Nahwu dan Shorof Al-Qowaid al-Asasiyah/ Tahdzib at-Taudlih 4 Semester 2. Balaghoh Jawahir al-Balaghoh li Ahmad Al-Hasyimy 4 Semester 3. Mustholah Taisir Mustholah al-Hadits 2 Semester 4. Siroh Nabi dan Salafi Nurul Yaqin li Hudlori Bek 2 Semester 5. Teologi Islam Al-Milal wa an-Nihal 2 Semester 6. Ilmu Falak Syarh Mathla’ as Sa’d 2 Semester MATA KULIAH PELENGKAP 1. Mabadi’ al-Ushul asy-Syakhshiyah 2. Tarikh Hadloroh al-Islamiyah 3. Al-Loughoh al-Ingglisiyah 5. At-Tahqiq.

Bagikan