Launching Buku Gramatika Arab “Araabi’”, Madrasah Diniyah Salafiah Komplek L

by Desember 20, 2016
Event 0   180 views
durasi baca: 2 menit
foto-2

Launcing Buku Gramatika Arab “Araabi’”, Madrasah Diniyah Salafiah Komplek L, Foto by. AlMunawwir.com

YOGYAKARTA, AlMunawwir.com, Madrasah Diniyah Salafiyah IV Pondok Pesantren Al- Munawwir Komplek L mengadakan  dua agenda sekaligus. Acara dilaksanakan saat Hari Jum’at 16 Desember 2016.

Rentetan acara Launching Buku dan Khataman Kitab Mutamimmah Jurumiyyah karangan Syeikh Abdulloh Bin Ahmad Al Faqihi menjadi agenda menarik.

Acara ini bertempat di Mushola Al-Mubarok PP Al Munawwir Komplek L. Kebanyakan dihadiri oleh santri kelas IV Madrasah Diniyah dan beberapa perwakilan dari ustad yang lain. Dalam acara ini, wali kelas sudah mengundang pemateri yaitu Muhammad Kholiq As-Su’udi yang berasal dari Kota Riyad Arab Saudi, tetapi beliau tidak bisa hadir.

Andi Kholilulloh sebagai Wali Kelas Madrasah Diniyyah kelas IV mengungkapkan, launching buku gramatika arab “araabi”  menjelaskan seputar ilmu nawhu dan shorof. Nama buku sendiri diambil dari dua analisis.

Pertama dari nama kelas sendiri yaitu raabi’. Kedua tentang konten atau isi bukunya diambil dari empat aspek diantaranya:  (a) aspek awal tentang tematik (istilah). (b) tokoh ulama ilmu nahwu dan shorof dari segi biografinya meliputi siapa saja pengarangnya dan dalam isinya tercantum lima tokoh ulama nahwu dan shorof. (c) materi kajian dari segi  ilmu nahwu shorofnya. Dan (d)  terakhir ialah ‘iroban dalam kalimat berbahasa arab. Dari ke empat aspek tersebut buku ini resmi  dinamakan gramatikal bahasa arab “araabi’”.

Dalam menyusun buku ini, diawali oleh keinginan santri kelas IV dan wali kelasnya untuk membuat sebuah karya. Karya buku ini merupakan yang kedua dari semester pertama tahun ini dan sudah diniatkan untuk membuat karya yang ketiga yaitu pada semester dua kelas IV Madrasah Diniyah Salafiyah PP Al-Munawwir Komplek L.

foto-11

Buku Kelas Rabi’ Kompleks L

Mas Andi menambahkan, “Sebetulnya buku ini dibuat dari kita untuk kita dan tidak diniatkan untuk dikomersilkan atau diperjual belikan. Tetapi, jika memang ada satu pihak yang ingin membuat dan ingin memilikinya silahkan saja langsung hubungi saya langsung”.

Muhammad Arif Nanang Kosim atau sering akrab disapa Mas Nanang, selaku Ketua Pengurus Madrasah Diniyah Salafiah Komplek L menanggapi bahwa “saya sangat mengapresiasi dengan adanya launcing buku ini sebagai kreatifitas dari kelas roobi’ atas dukungan wali kelasnya sendiri.

“Dan memang sangat mendukung dalam intelektual biar tercipta suasana intelektual dikalangan pesantren.”

Ia berharap dengan adanya buku ini bisa membantu teman-teman semua yang ada di pondok ini khususnya kelas roobi’ supaya bisa bermanfaat dalam memahami ilmu nahwu dan shorof. (lukim|ed:Wiwid)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *