Koperasi Pesantren Al Munawwir Selenggarakan Pendidikan Dasar Koperasi ke-XXIX

durasi baca: 2 menit

Dok. Dwi Anggoro

Krapyak – Koperasi Pesantren (Kopontren) Al Munawwir sukses menyelenggarakan Pendidikan Dasar Koperasi (Diksarkop) ke-XXIX dengan tema “Menumbuhkan Semangat Berkoperasi Melalui Reinovasi Pengembangan Kopontren”.

Acara yang dilaksanakan pada Ahad, 23 Desember 2018 di Gedung SMK Al-Munawwir berlangsung meriah, kurang lebih delapan puluh santri yang mayoritas merupakan santri baru dari beberapa komplek di Ponpes Al Munawwir mengikuti acara tersebut. Selain itu, hadir pula tamu undangan dari jajaran pengurus dan anggota angkatan Diksarkop sebelumnya serta tiga pemateri.

Sekitar pukul sembilan pagi pembacaan Ayat Suci Alquran mengawali serangkaian acara, dilanjutkan sambutan-sambutan dari Ketua Panitia Diksarkop ke-29 M. Budi Riyanto (Kang Budi) dan Ketua Kopontren Al-Munawwir M. Izzat Firdausi, S. E. (Kang Izzat).

Acara inti Diksarkop ini memfokuskan pada diseminasi materi perkoperasian dan bisnis. Muh. Faiz Arrafi, S. E. (Kang Faiz) dalam materinya “koperasi kita” menerangkan seluk beluk koperasi kepada para peserta. Selanjutnya, Kang Izzat melengkapi dengan materi “Koperasi dan Kopontren”. Para Peserta tampak antusias menyimak materi demi materi.

Suasana semakin semarak, saat pembicara utama Pak Yunan Helmi, S. S. Produser dan CEO Presidenmusikindo ini mengisi sesi workshop terkait bisnis dan sharing pengalaman.

“kita tidak tau apa yang terjadi besok, lebih baik melakukan meskipun gagal, daripada tidak sama sekali. Mulailah mulailah mulailah!” tegas Pak Yunan dihadapan peserta Diksarkop XXIX. Sesi ini berlangsung hingga menjelang ishoma.

Usai ishoma, para peserta juga diajak mengunjungi beberapa unit usaha milik kopontren yaitu Munamart, kantor JNE, dan Toko Kitab. peserta sangat antusias mendengarkan penjelasan dari para narasumber di masing-masing unit usaha. Beberapa dari mereka sibuk memberikan pertanyaan dan mencatatnya.

Sekitar pukul 16.30 acara selesai, para peserta kembali ke komplek masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *