Komplek T (Asy-Syathibi)

durasi baca: 3 menit

SELAYANG PANDANG

Pondok Pesantren Asy-Syathibi Krapyak merupakan salah satu pondok tahfidzul qur’an termasyhur di Yogyakarta. Pesantren ini merupakan salah satu bagian dari pondok pesantren Al-Munawwir, Krapyak, Yogyakarta. Pondok pesantren memiliki nama lain Pondok Pesantren AL-Munawwir kompleks T, Asy-Syathibi.

Pondok Pesantren ini berlokasi di desa Krapyak, Panggungharjo, Kabupaten Bantul Provinsi Yogyakarta. Lingkungan pondok pesantren ini sangatlah asri dan nyaman untuk menghafal Al Quran. Kondisi lingkungan yang bersih turut menciptakan suasana kondusif selama proses menghafal Al-Quran. Dari segi keamanan, pondok pesantren ini terjaga dengan baik.

Pondok Pesantren Al-Munawwir kompleks T, Asy-Syathibi ini berfokus dalam menciptakan generasi Qur’ani melalui kajian Al-Quran terintegrasi yang mendidik santri-santri untuk menghafal Al-Quran dengan baik dan lancar. Para santri di genjot dan dimotivasi agar dapat menyelesaikan hafalan dengan tepat, efektif dan efisien. Metode pengajaran sendiri menggunakan metode Syathibi.

Pengasuh dari pondok pesantren ini ialah Romo Kyai Muhammad Munawwir, Al-Hafidz yang merupakan murid dari ulama Qur’an pemegang qiroah sab’ah asal Kudus, KH. Arwani Amin. Al-Hafidz–untuk putra, sedangkan untuk putri di asuh oleh ibu Nyai Ade–Al-Hafidzah. Beliau memiliki ijazah Qur’an yang sanadnya sampai kepada Rosululloh SAW.

Santri yang berada disini tinggal di asrama yang integratif dengan pendidikan konvensional seperti Sekolah Umum, Madrasah maupun Perguruan Tinggi. Santri terdiri dari santri putra dan putri. Semangat menghafalkan Al-Quran turut menjadi sebuah hal yang patut kita contoh dan lestarikan. Kami tunggu anda, putra-putri anda untuk bergabung ke pondok pesantren tahfidz, bersama untuk menghafal Al-Qur’an. Semoga kita termasuk menjadi generasi emas penghafal dan penjaga Al-Qur’an.


VISI DAN MISI

VISI

Menjadi salah satu lembaga pendidikan keagamaan (Pesantren yang Unggul dalam menyiapkan kepemimpinan umat yang Mutafaqih fid-din dan berakhlaqul karimah serta mempertahankan Islam Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah.

MISI

  1. Menguatkan kompetisi dalam ilmu agama islam
  2. Mencetak Ulama yang beraqidah Ahlussunnah Wal Jamaah dan berakhlaqul Karimah
  3. Mencetak Hafidz dan Hafidzah Quran (penghafal Quran) yang intelek
  4. Internalisasi nilai-nilai islam dalam kehiduan keseharian
  5. Pembinaan keagaam yang intensif dan berkesinambungan

MAJLIS KAJIAN PESANTREN

Pendidikan Al-Qur'anSetoran Al- Qur'anTakrorKajian Kitab Salafiyah
Metode pengajaran dari Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek T, Asy-Syathibi dalam membimbing dan mendidik penghafal Al-Qur’an menggunakan metode Syathibi. Metode ini pertama kali dikenalkan oleh beliau Romo Kyai Muhammad Munawwir–Al-Hafidz. Metode ini mengharuskan seorang santri untuk setoran Al-Quran setiap harinya sebanyak ¼ juz, atau 5 halaman, atau 2 ½ lembar.

Proses setoran bagi santri baru dimulai dengan surat Fatihah, disambung bacaan tasyahud, kemudian mulai dengan juz amma (juz 30). Setelah selesai dengan juz 30, setoran dimulai dengan surat pilihan berurutan, yakni surat Yasiiin, surat Ar-Rohman, surat Al-Waqiah dan surat al-Mulk.

Setelah selesai dengan surat al-Mulk, dilanjutkan juz 1 (satu)-dari surat Fathihah lanjut juz selanjutnya hingga khatam. Santri diwajibkan menyetor ¼ juz tiap setoran.

Apabila santri tersebut lancar terus dalam proses setoran, santri menjadi lancar menghafal Al-Quran selama 120 hari. Apabila 1 minggu setor penuh (1 hari libur), santri tersebut dapat menyelesaikan hafalan al-Quran-dari nol, selama 120 hari atau 3 bulan.

Setoran hafalan merupakan agenda yang wajib bagi santri untuk melancarkan hafalan. Jadwal setoran sebagai berikut :

a) Setoran ba’da Subuh
Santri diwajibkan bangun subuh atau sebelumnya, kemudian melaksanakan sholat subuh berjamaah disambung berdzikir pagi hari. Setelah selesai berdzikir, santri menyetorkan al-Quran sebanyak ¼ juz atau 5 halaman.
Setoran dibimbing langsung oleh beliau Romo Kyai Muhammad Munawwir, Al-Hafidz. Kesempurnaan hafalan, kesempurnaan tajwid dan makhroj, menentukan naik tidaknya hafalan. Apabila santri membaca (setoran bil ghoib) dengan baik maka akan dipersilahkan ke ¼ juz berikutnya.

b) Setoran Ba’da Maghrib
Setoran ba’da Maghrib dilaksanakan dengan takror dan mengulang hafalan dibimbing langsung oleh Romo Kyai Muhammad Munawwir dengan metode Syathibi. Santri diwajibkan mengulang hafalan yang telah di hafal sebanyak ¼ juz setiap harinya.

c) Setoran Ba’da Isya’
Dilaksanakan dan dibimbing langsung oleh Romo Kyai Muhammad Munawwir dengan metode Syathibi. Santri diwajibkan mengulang hafalan yang telah di hafal sebanyak ¼ juz setiap harinya. Apabila santri membaca (setoran bil ghoib) dengan baik maka akan dipersilahkan ke ¼ juz berikutnya, sedangkan apabila santri belum lancar maka diwajibkan untuk setoran ¼ juz yang sama di kemudian hari.

d) Setoran Hari Ahad
Santri setor hafalan sebanyak 1 juz atau 5 juz sekaligus tergantung dari berapa juz yang telah dihafal santri.Setoran tersebut selain di simak oleh Romo Kyai Muhammad Munawwir juga disimak oleh santri-santri lain. Hal ini membuat semangat menghafal semakin baik dan hafalan santri semakin kuat.

Takror adalah aktifitas muroja’ah (mengulangi) hafalan/bacaan Al-Qur’an yang telah disetorkan sebelumnya secara pribadi maupun kelompok.
Kajian kitab pada pondok pesantren tahfidz ini, seperti yang telah kita ketahui bersama, Komplek T merupakan bagian dari pondok pesantren Al-Munawwir. Sehingga untuk pengajian kitab menginduk kepada kebijakan pusat. Kajian kitab yang pernah diadakan diantaranya :

  1. Kajian Kitab Bulughul Marom
  2. Kajian kitab Riyadhus Sholihin
  3. Kajian ushul fiqih dan ushul tafsir
  4. Kajian kitab Nahfu dan shorof
  5. Kajian kitab karya Hadrotus syaikh Hasyim Asy’ari.
  6. Kajian kitab tafsir.
  7. Kajian kitab qurrotul uyun
  8. Kajian kitab maulid dan simtudduror
  9. Dan kitab-kitab ulama salafiyyah lainnya.

Khusus kajian kitab maulid dan simtudduror dilaksanakan ba’da maghrib hingga is’ya setiap harinya, kecuali hari libur (kamis). Sedangkan kitab lainnya dilaksanakan pukul 20.00 s.d selesai sesuai jadwal masing-masing.


SYARAT PENDAFTARAN

1. Santri sowan kepada pengasuh (Romo Kyai Muhammad Munawwir, Al-Hafidz) di antar oleh orangtua/wali, mengutarakan maksud dan niat untuk menghafal al-Quran.
2. Membawa berkas persyaratan. Berkas diserahkan pada saat bersilaturahim dengan pengurus, apabila ada yang terlupa dalam pemberkasan, dapat disusulkan di kemudian hari. Berkas yang dibawa :
a. Mengisi formulir pendaftaran di pengurus
b. Membawa foto 4×6 sebanyak 2 buah
c. Membawa fotokopi ijazah terkahir
d. Membawa fotokopi akta kelahiran
e. Membawa fotokopi KTP/kartu pelajar/identitas lain.
3. Mengisi formulir pendaftaran langsung ke PP. Al-Munawwir Kompleks T, Asy-Syathibi
4. Sanggup memenuhi dan mematuhi tata tertib yang berlaku


FASILITAS PESANTREN

Pondok pesantren ini memiliki fasilitas yang insyaAlloh menjadi penunjang dan membuat nyaman dalam menghafal Al-Qur’an dengan baik. Fasilitas ini seringing berjalannya waktu dapat meningkat sesuai pembangunan dan pengembangan pondok pesantren. Fasilitas bagi santri menghafal diantaranya :

1. Kamar Asrama
Kamar merupakan fasilitas utama oleh santri. Kamar disini dapat di isi lemari santri, dan beralaskan karpet yang bersih. Suasana kamar yang rindang dan asri diharapkan dapat menjadikan dan menunjang selama proses menghafal. Adanya sirkulasi kamar yang sesuai aspek kesehatan turut menjadi nilai positif dari kamar asrama ini.

2. Kamar Mandi Bersih
Kamar mandi bersih merupakan salah satu aspek terpenting dalam menjaga kesehatan dan kebersihan santri. Dengan santri yang sehat, akan semakin membuat otak dengan mudah menghafal setiap huruf Al-Qur’an. Kebersihan dan kesehatan memang sangat kami perhatikan demi tercipta santri lulusan yang unggul dan baik.

3. Parkiran Sepeda Motor
Parkiran sepeda motor gratis kami sediakan bagi santri yang memakai kendaraan sepeda maupun sepeda motor. Parkiran tersebut berada di samping pondok pesantren.

4. Perpustakaan Buku
Perpustakan ini berada di lantai 2 pondok pesantren. Koleksi dari perpustakaan ini sangat baik. Selain terdiri dari Al-Qur’an dari berbagai penerbit, juga kitab salafiah baik cetakan indonesia maupun cetaan beirut. Tidak hanya itu, juga terdiri dari buku umum yang nantinya menunjang santri semakin baik dan kompeten.

5. Listrik dan Air
Listrik dan air merupakan fasilitas yang baik, hal ini dapat digunakan santri yang membawa leptop, dispenser maupun peralatan lainnya, selain itu air yang bersih dapat digunakan santri untuk mandi, mencuci baju, dan sebagainya.

6. Katering bergizi
Dari aspek kebutuhan santri, pondok pesantren menyediakan katering berupa makanan sehat yang diberikan setiap harinya satu kali. Dengan katering bergizi ini diharapkan santri semakin tertopang dari segi gizi, sehingga nutrisi bagi tubuh, otak dan organ lain tercukupi dan membuat santri semakin kuat dan terjaga selama menghafal Al-Qur’an.


ADMINISTRASI

Pondok Pesantren Al-Munawwir Kompleks T (Asy – Syatibhi) menerima santri Baru dan Lama , dengan rincian biaya administrasi sebagai berikut :

Administrasi Santri
Santri Baru*
Santri Lama**
Syahriyah Santri
Tiap Bulan

*Segala biaya di atas dapat berubah sewaktu-waktu, menyesuaikan kebutuhan serta kebijakan pengurus dan pengasuh.


TATA TERTIB DAN PERATURAN

Pasal 1
SIKAP DAN PERILAKU
1. Patuh kepada Pengasuh Pondok Pesantren
2. Sopan santun terhadap Pengasuh dan Keluarga
3. Sopan santun terhadap warga sekitar Pondok
4. Berpakaian rapi, bebas tapi sopan

Pasal 2
KEGIATAN PESANTREN
1. Wajib mengikuti seluruh kegiatan pondok, baik pengajian Al-Qur’an (Bin Nadzi atau Bil Hifdzi) dan pengajian Kitab sesuai jadwal yang telah ditentukan
2. Sholat berjamaah di Mushola atau Aula Pesantren
3. Wajib nderes Al-Qur’an ba’da maghrib sampai Isya’
4. Mengikuti Majlis Yasin setiap Malam Jum’at
5. Sholawatan (Diba’iyyah, Burdah, Shimthudduror) setiap malam jum’at setelah acara majlis Yasin

Pasal 3
KEBERSIHAN DAN KERAPIAN
1. Menjaga dan memelihara kebersihan serta kerapihan Pondok
2. Melaksanakan Piket (Baik piket kamar, mushola, dan memimpin Majlis Yasin) setiap hari sesuai jadwal yang telah ditentukan
3. Melaksanakan Ro’an atau kerja baktu bersama setiap hari Rabu dan ahad

Pasal 4
KEAMANAN DAN KETERTIBAN
1. Menjada keamanan dan ketertiban pondok pesantren
2. TV di matukan setiap ada kegiatan pondok pesantren
3. Membayar uang kas setiap bulan maksumal tanggal terakhir bulan tersebut
4. Selalu menginap dan tidur di pondok pesantren
5. Mengikuti ronda setiap malam dengan warga sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
6. Mengikuti Rapat RT dengan warga setiap bulannya.
7. Memarkir kendaraan dengan rapi dan tidak mengganggu jalan umum
8. Mengunci garasi dan pintu pada pukul 23.00WIB sesuai jadwal
9. Dilarang membawa HP dan alat komunikasi setiap mengikuti kegiatan Pondok Pesantren
10. Dilarang membawa lawan jenis (Bukan Mahrom) dilingkungan Pesantren

Pasal 5
PERIZINAN
1. Izin tidak mengikuti kegiatan pesantren kepada kepala devisi pendidikan (Kadiv Kependidikan) Pondok Pesantren
2. Izin tidak mengikuti piket kebersihan, kepada kepala devisi kebersihan (Kadiv Kebersihan) pesantren
3. Izin tidak mengikuti piket keamanan kepada kepala devisi keamaan (Kadiv Keamanan) Pesantren
4. Izin tidak tidur di pondok, langsung kepada pengasuh pesantren

5. Izin meninggalkan pesantren (pulang atau sifatnya tidak mengikuti kegiatan dan tidak tidur di pondok serta meninggalkan Yogyakarta selama beberapa hari) wajib izin kepada Pengasuh Pondok (sowan).


KONTAK

    • Alamat : PP. AlMunawwir Kompleks T, Asy-Syathibi Krapyak Kulon, RT. 12 Pangungharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta 55002
    • Kontak : 081-225-949-25 / 085-601-809-607
    • Website : Komplek Asy Syathibi
    • Instagram : @asy_syathibi
Bagikan