Komplek R2

Salah satu komplek Pondok Pesantren Al-Munawwir di bawah pengasuhan langsung oleh Alm. K.H. Zainal Abidin Munawwir dan istri beliau, Ny. Hj.Ida Fatimah Z.A adalah komplek R. Komplek R merupakan komplek khusus putri yang didirikan pada tahun 1987 sebagai pesantren takhassus yang mempelajari ilmu agama Islam. Komplek R memiliki program pendidikan yaitu Madrasah Salafiyah II yang memiliki jenjang pendidikan selama tiga tahun: Halaqah Ula, Halaqah Tsani dan Halaqah Tsalisah. Bagi santriwati yang belum memiliki ilmu  dasar diberikan kelas persiapan atau kelas I’dad.

albarzanji-rutin

Pada perkembangannya, Ny. Hj. Ida Fatimah Z.A melihat lulusan program Madrasah Salafiyah II ada yang ingin melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah. Selain itu ada banyak permintaan dari wali murid yang ingin menitipkan putrinya yang sedang kuliah atau yang telah lulus Aliyah dari berbagai pesantren untuk ikut mengaji dan bertempat tinggal di Komplek R. Dari sinilah kemudian Ny. Hj. Ida Fatimah Z.A terinspirasi untuk membangun komplek baru khusus mahasiswi. Menempati gedung baru yang didirikan di sebelah selatan gedung Komplek R, pada tanggal 4 Agustus 2005 Komplek R2 telah diresmikan sebagai komplek putri khusus mahasiswi. Sedangkan Komplek R berganti nama menjadi Komplek R1 sebagai komplek putri program takhassus ilmu agama.

Komplek R2 pada perkembangannya tidak hanya menerima mahasiswi saja, tapi juga menerima siswi Aliyah dan SMA dari Kota Yogyakarta dan sekitarnya yang ingin tinggal di pesantren. Komplek R2 juga menyelenggarakan program pendidikan dengan metode klasikal yang dinamakan Madrasah Salafiyah V. Materi kajian yang diterapkan di Komplek R2 beragam, dari kitab Islam klasik sampai dengan kajian umum ditunjang dengan penguasaan bahasa Arab dan Inggris. Sesuai dengan prinsip “melestarikan tradisi  lama yang baik dengan mengambil tradisi baru yang lebih baik”, pendirian Komplek R2 sebagai lembaga pendidikan ini didasarkan pentingnya lembaga pendidikan Islam integratif- komprehensif, memadukan antara tradisi salaf dengan modern serta menguasai metodologi keilmuan dan bahasa komunikasi internasional.

Tujuan

Tujuan didirikan Komplek R2 adalah “menyiapkan kader-kader ulama Islam yang mampu merespon tantangan zaman dengan intelektualitas dan integritas keilmuan yang dimiliki dan mampu menyampaikan misi risalah islamiyah yang komprehensif yang berlandaskan pada ajaran para ulama Salaf al- Shalih.”105

Pengasuh

Pengasuh Komplek R2 Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak adalah Ny. Hj. Ida Fatimah Z.A, S.Ag, M.SI. Beliau merupakan istri Alm. K.H. Zainal Abidin Munawwir, pemimpin dan pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak. Ny. Hj. Ida Fatimah pernah menempuh pendidikan di lembaga formal maupun pesantren. Pendidikan formal strata satu (S1) pernah ditempuh di UII Yogyakarta sebagai Sarjana Pendidikan Agama Islam. Pendidikan formal strata dua (S2) juga diselesaikan di UII Yogyakarta. Selain pendidikan formal, pengasuh juga pernah merasakan pendidikan ala pesantren di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, sebuah pesantren di daerah Candi, Sleman yang didirikan oleh K.H. Mufid Mas’ud, Kakak ipar K.H. Zainal Abidin Munawwir.

Pengasuh pernah aktif di ranah publik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat I di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kiprahnya di Pondok pesantren Al-Munawwir sendiri, disamping sebagai pengasuh salah satu komplek di Pondok Pesantren Al-munawwir, beliau juga aktif membina Kopontren (Koperasi Pondok Pesantren), sebuah lembaga ekonomi yang mempunyai prinsip menumbuhkan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi komunitas pesantren. Beliau juga merupakan pembina Puskestren (Pusat Kesehatan Pesantren) sebagai lembaga kesehatan bagi santri dan masyarakat umum.

Organisasi

Sebagai lembaga pendidikan, Komplek R2 memiliki struktur organisasi untuk mengatur segala kegiatan yang berlangsung di dalamnya. Pengasuh Komplek R2 Pondok Pesantren Al-Munawwir adalah Ny. Hj. Ida Fatimah Z.A. Beliau sekaligus sebagai kepala Madrasah Salafiyah V. Segala kebijakan mengenai Komplek R2, Madrasah Salafiyah V dan santriwati harus seizin dan sepengetahuan beliau. Akan tetapi dalam memutuskan suatu kebijakan mengenai pesantren beliau juga selalu berdialog dan berkonsultasi kepada suami beliau, Alm. K.H. Zainal Abidin Munawwir.

Dalam menerapkan kebijakan pesantren, pengasuh dibantu oleh dewan pembina Madrasah Salafiyah V dan pengurus Komplek R2. Pembina Madrasah Salafiyah V mempunyai tugas dan wewenang untuk mengatur jalannya proses pengajian kitab. Sedangkan Pengurus Komplek R2 mempunyai tugas dan wewenang mengatur jalannya semua kegiatan santriwati Komplek R2.

Administrasi

Setiap calon santriwati dibebankan biaya pendaftaran awal sebesar Rp. 2.080.000, sedangkan bagi santriwati dibebankan biaya syahriyah sebesar Rp. 250.000/bulan dan biaya daftar ulang Rp. 100.000/tahun. Biaya syahriyah di atas belum termasuk barang-barang elektronik yang dibawa oleh santriwati. Adapun rincian dari biaya pendaftran ulang adalah sebagai berikut:

Uang Pendaftaran    Rp.    100.000
Jariyah    Rp.    1.000.000
Syahriyah bulan pertama; Makan, Kamar + listrik, Pendidikan    Rp.    250.000
Sumbangan Haul    Rp.    100.000
KTS    Rp.    10.000
Kalender    Rp.    10.000
OSABA    Rp.    25.000
Kesehatan    Rp.    50.000
Ujian Semester    Rp.    50.000
Box dan Kartu Ijin    Rp.    30.000
Seragam    Rp.    155.000
Kitab Rp 100.000
Almari    Rp 200.000
Total    Rp.    2.080.000

Barang elektronik yang dikenakan biaya tambahan adalah sebagai berikut:
1.    Leptop             : @ Rp. 10.000/ bulan
2.    Handpone lebih dari 1        : @ Rp.   5.000/bulan
3.    Power bank            : @ Rp.   5.000/bulan

Kegiatan

Kegiatan komplek R2 dimulai ba’da maghrib pukul 18.00 sampai dengan pukul 22.00 dan ba’da subuh pukul 04.00 sampai dengan pukul 06.00.

18.00 – 18.20    Sholat  maghrib berjama’ah di masjid Al- Munawwir
18.25 – 19.20    Mengaji Al-Qur’an di mushola komplek R
19.30 – 19.50    Sholat  isya berjama’ah di masjid Al- Munawwir
20.00 – 22.00    Kegiatan Madrasah Salafiyah V
04.00 – 04.25    Sholat subuh berjama’ah di masjid Al- Munawwir
04.30 – 06.00    Mengaji Al-Qur’an di mushola komplek R

Mata Pelajaran Madrasah Salafiyah V

Kelas 1 (Semester I – II)
Tauhid:    Aqoidud Diniyah
Fiqh:    Taqrib
Fiqh Mahidh:    Risalatul Mahidh
Hadits:    Muqtathafat
Nahwu:    Jurummiyah
Sharaf:    Sharaf Krapyak
Bahasa Arab:    Durusul ‘Arabiyah Haditsah I
Bahasa Inggris:    English and the World

Kelas 2 (Semester III – IV)
Tauhid:    Aqoidud Diniyah
Fiqh:    Fathul Qorib
Aswaja:    Hujjah Aswaja
Hadits:    Muqtathafat
Nahwu:    Jurumiyah
Sharaf:    Sharaf Krapyak
Bahasa Arab:    Durusul ‘Arabiyah Haditsah II
Bahasa Inggris:    English and the World

Kelas 3 (Semester V – VI)
Tauhid:    Aqoidud Diniyah
Fiqh:    Takrib
Ushul Fiqh:    Waroqot
Bahtsul Masail:    Furuq
Ilmu Al Qur’an:    Qowa’id fi Ulumul Qur’an
Nahwu:    Imrity
Ilmu Hadits:    Minhatul Mughits

Kelas 4 (Semester VII – VIII)
Tauhid:    Aqoidud Diniyah
Ushul Fiqh:    Waroqot
Bahtsul Masail:    Qowa’idul Fiqiah
Ilmu Al Qur’an:    Qowa’id fi Ulumul Qur’an
Nahwu:    Imrity
Ilmu Hadits:    Minhatul Mughits
Tafsir:    Tafsir Ahkam

Bagikan