Komplek K2

Komplek Al-Kandiyas  termasuk bagian dari pondok pesantren Al Munawwir krapyak  Bantul Yogykarta. yang beralamatkan di jalan Buntu,utara  makam umum krapyak timur panggung krapyak , Komplek K-2 berdiri dari embrio atau pemekaran dari  komplek K1, Komplek K1 sendiri didirikan dari keturunan simbah KH. Afandi Munawwir, putra pertama Mbah Munawwir dan Nyi.H. Mursyidah.

madrasah-diniyah-komplek-al-kandiyasSeiring dengan  perkembangan zaman dan bertambahnya area komplek di pondok pusat yaitu Pondok Pesantren Al Munawwir maka dengan himmah yang tinggi untuk mengembangkan ilmu Agama khususnya maka  Bapak KH. Ridwan Em Nur mendirikan cabang dari Pondok Pesantren Al Munawwir yang  kemudian resmi berdiri pada tahun 1996 yang di namakan komplek K-2 (Al-Kandiyas).

Pada awal pembelajaran komplek yang hanya memiliki sekitar tujuh (7) orang  santri di tahun angkatan pertama, berkat ketekunan, kesabaran  dari pengasuh komplek K2 dan  mendapat sambutan yang positif dari masyarakat luas maka  sekitar tahun 2001 jumlah santri Al-Kandiyas bertambah kurang lebih 50 santri kemudian menurun lagi setelah kejadian gempa bumi yang melanda Yogyakarta pada tanggal 27 Mei 2006 menurun kurang lebihnya 20 santri, hingga masuk ke tahun 2008  tercatat jumlah santri kembali bertambah  sebanyak kurang lebihnya 38 santri, santri komplek Al-Kandiyas mayoritas adalah mahasiswa Perguruan Tinggi  yang berada di Yogyakarta.

Komplek Al-Kandiyas juga menyediakan program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat  (PKBM) yaitu program pendidikan  kesetaraan paket A (SD),B ( SLTA),C (SMU)  menekankan program wajib belajar Sembilan tahun dengan bekerjasama dengan Dinas Kementrian Agama dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul yang bertujuan  untuk menyediakan bagi masyarakat dan santri yang belum mempunyai ijazah.
Komplek Al-Kandiyas  bekerjasama dengan dinas kesehatan Kabupaten Bantul untuk membentuk Komite Gerakan Anti Rokok, Al-Kandiyas memiliki kegiatan yang bertujuan pengabdian masyarakat Gerakan Batin ( GERBAT ) merupakan mujahadah kubro yang diikuti oleh masyarakat umum dan santri pada malam kamis kliwon, pengajian rutin sabtu sore juga diselenggarakan, selain itu Komplek Al-Kandiyas juga memiliki koperasi santri, koperasi ini  memfasilitasi santri untuk belajar ilmu kewirausahaan.

Visi dan Misi

Visi dari komplek Al-Kandiyas l adalah turut dalam mencerdaskan kehidupan bangsa agama dan bangsa serta mengembangkan manusia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur,berakhlaqul karimah dan memiliki pengetahuan agama yang luas. Misi komplek Al-Kandiyas adalah membentuk generasi yang mampu mempelajari dan mengembangkan disiplin keilmuan dalam ilmu agama dan membentuk generasi yang manpu mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung dalam agama islam

Kegiatan

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi di atas, komplek al-kandiyas krapyak bantul menyusun program kerja dan kegiatan keagamaan. Berikut ini rangkaian jadwalnya;

1. Sholat Subuh berjamaah di mushola.
2. Mengaji Al-Qur’an ba’da Subuh.
3. Kegiatan luar (sekolah & kuliah)
4. Pengajian Kitab bada Ashar
5. Sholat Magrib berjamaah di mushola.
6. Sholat Isya’ berjamaah di mushola.
7. Mengaji Al-Qur’an ba’da Isya’.
8. Sholawatan (malam Selasa)
9. Yasinan (malam Jum’at)
10. Mujahadah: Gerakan Batin (GERBAT) tiap malam Kamis Kliwon.
11. Ngaji kitab (sesuai jadwal)

Administrasi

Menerima Santri Baru, baik Takhasus maupun Umum (SMP/MTs, SMA/SMK/MA) dan Mahasiswa.
Dengan Ketentuan sebagai berikut :

1.    PERTAMA KALI MASUK :

A.    Dipasrahkan bersama Orang Tua/Wali.
B.    Membawa surat keterangan/identitas /KTP atau yang lainnya sebagai identitas diri.
C.    Memenuhi Biaya Administrasi :
a.    Pendaftaran                             Rp 150.000,00
(Pas Foto 2×3 = 2 lbr dan 3×4 = 2 lbr Untuk Kartu Santri).
b.    Uang makan tiap bulan : 2x hari                     Rp 250.000,00
c.    Uang Asrama                             Rp   15.000,00
d.    Kegiatan Santri/Bulan                        Rp   15.000,00
e.    Haul Pondok Pusat                         Rp   25.000,00
D.    Infaq Pondok Pesantren
a.    Pemeliharaan Sarana Pondok                      Rp 300.000,00
Rp 755.000,00

2.    BERIKUTNYA TIAP BULAN/SYAHRIYAH :
a.    Uang Makan                             Rp 250.000,00
b.    Uang Asrama                            Rp   15.000,00
c.    Kegiatan Santri/Bulan                        Rp   15.000,00
Rp 280.000,00

Fasilitas Pondok     : Mushola, Aula, Tempat Parkir, Asrama
.

Bagikan