Komplek K 1

Komplek K 1 adalah salah satu komplek putra di PP. Al-Munawwir, di bawah kepengasuhan Gus R. Muhammad Makfi Muhaimin Afandi. Berlokasi di pondok pusat, tepat di sebelah utara ndalem KH.R. Najib Abdul Qodir.

madrasah-diniyah-di-komplek-darul-muhaiminDengan fasilitas penunjang diantaranya Asrama yang strategis (dekat dengan pengasuh, masjid juga tempat belajar), aula, kamar mandi, WC, dapur komplek, majalah dinding, dan kamar tamu. Diperbolehkan juga bagi santri untuk mempunyai alat komunikasi seperti handphone, laptop atau yang lainnya. Untuk urusan makan, kesehariannya santri komplek K.1 diperbolehkan beli makan diluar. Untuk kamar tidur santri dibatasi hanya 6 orang per-kamar.

Madrasah Diniyah komplek K.1 berisi beberapa mata pelajaran yang dapat diarahkan sebagai bekal keagamaan, dan merupakan sebuah materi yang dapat dikembangkan sebagai disiplin ilmu. Acuan yang dipakai adalah kitab-kitab salafi, dengan tetap memperhatikan topik-topik yang ada, diantaranyaTa’limul Muta’allim, Al-Jurumiyah, Shorof, Mutammimah, Fatkhul Qorib, Fatkhul Mu’in, Alfiyyah Ibnu ‘Aqil,dll. Metode pengajian yang digunakan adalah Bandongan, Sorogan, dan Musyawarah. Sementara untuk pengajian Al-Qur’an dilakukan dengan metode musyafahah bin Nadzri dan bil Ghoib.

Tahun pengajaran dibagi per semester (6 bulan) disesuaikan dengan kegiatan belajar kampus/sekolah luar pondok. Pengajian Al-Qur’an dilaksanakan pukul 17.50 hingga selesai, kemudian dilanjutkan Pengajian Kitab Salaf pukul 20.00 s/d 21.00 dan Ba’da Subuh s/d 05.30. Disamping itu, Komplek K.1 juga menyediakan pengajian khusus untuk Tingkat Dasar pada pukul 21.00 s/d 22.00
.

Bagikan