Komplek AB

Komplek AB adalah salah satu komplek khusus putra di PP. Al-Munawwir yang diwajibkan takhassus di Madrasah Salafiyah II, di bawah kepemimpinan KH. Zaenal Abidin Munawwir. Berlokasi di pondok pusat, tepat di sebelah utara Masjid Pondok (Masjid Jami’ Krapyak). Dengan fasilitas penunjang diantaranya asrama yang strategis (dekat dengan pengasuh, masjid juga tempat belajar), aula, ruang belajar yang luas, kantin, kamar mandi, dapur komplek, dan majalah dinding. Sesuai mandat Pengasuh, semua santri baik Madrasah Salafiyah II (komplek AB dan R.1) dan. Untuk urusan makan, kesehariannya santri komplek AB wajib ketering di Ndalem atau beli makan di luar.

img_7801Madrasah Salafiyah II dipelopori oleh K.H. Zainal ‘Abidin Munawwir. Peserta didiknya putra di komplek AB dan putri di komplek R.1. Jenjang pendidikan selama 4 (empat) tahun, terdiri dari 4 kelas yaitu,Halqoh I’dadiyah, Ula, Tsaniyah, dan Tsalisah. Madrasah Salafiyah II dikembangkan dengan muatan kurikulum kepesantrenan/takhasus (tanpa pelajaran umum), ditambah dengan beberapa keterampilan seperti elektronika, komputer dan lain-lain. Metode pengajian yang digunakan adalah Sorogan danBandongan. Sementara untuk pengajian Al-Qur’an dilakukan dengan metode musyafahah bin Nadzridan bil Ghoib.

Kitab-kitab di Madrasah Salafiyah II mengacu pada kitab-kitab Salafi, diantaranya :Al-Qur’anul Karim, Tafsir Jalalain, Tuhfah al-Atfal, Washoya al-Aba’ li al-Abna’, Nahwu Wadhih, al-Barjanji wa ad-Diba’i, Hidayah al-Mustafid, at-Tadzhib, Wadhoif al-Muta’allim, al-Arobiyah li an-Nasyi’in, Matan ar-Rohbiyah, Ringkasan dari kitab falak, Tafsir Mustholah al-Hadist, al-Furuq min al-Asybah wa an-Nadzoir, al-Luma’, Risalah al-Mu’awanah, Qowa’id al-I’lal, Qowa’id al-Lughoh al-Arobiyah, al-Insya’, Tarikh al-Tasyri’, li Hudhori bik, Tarikh al-Hadloroh, Fat;hu ar-Rouf al-Manan.

Disamping itu terdapat kegiatan ekstrakulikuler seperti komputer dan latihan Sepak bola. Di Madrasah Salafiyah II, santri tidak diperkenankan merangkap pendidikannya di luar Madrasah. Waktu mulai kegiatan belajar mengajarnya adalah pagi mulai pukul 08.00 – 11.30 WIS, sore mulai pukul 16.00 – 18.00, dan malam mulai pukul 20.00 – 22.00. Adapun pengajian Al-Qur’an pada pagi hari mulai pukul 06.00 – 07.00, dan pada malam hari mulai pukul 18.30 – 22.00
.

Bagikan