Khataman Al-Qur’an XV: 65 Khatimin dan Khatimat Wisuda Al-Qur’an

by Februari 5, 2020
HAUL Warta 0   367 views
durasi baca: 2 menit

Khidmah: Para Khatimin berpose bersama Romo KHR M Najib Abdul Qodir dalam Khotmil Qur’an XV Krapyak. Doc: Almunawwir (Istimewa)

Almunawwir.com – “Khidmat dan menyejukkan” begitulah suasana Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak di mata santri, lebih-lebih selama sepekan ini. Pasalnya, Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak mempunyai gawe besar di awal tahun 2020.

Pada Selasa malam, 04 Februari 2020 Pondok Krapyak menggelar perhelatan akbar dalam rangka memperingati haul guru besar Al-Qur’an nusantara yaitu KH M Moenawwir Al-Muqri’ ke-81, KHR Abdul Qodir Moenawwir ke-61 serta para Masayikh dan Dzuriyyah. KH M Moenawwir tidak lain adalah pendiri dan cikal bakal berdirinya pesantren tua di Yogyakarta ini.

Pondok Pesantren yang berdiri lebih dari se-Abad ini (1911) tercatat dan masyhur diakui telah melahirkan para ulama’ ahli Qur’an di seantero nusantara seperti Kiai Arwani Amin, Kiai Ahmad Umar Abdul Mannan, Kiai Muntaha Asy’ari, dan lain-lain.

Setelah rangkaian acara demi acara haul dilalui seperti 81 majlis muqaddaman, pembacaan Burdah, majlis sima’an Al-Qur’an, Temu Alumni dan Sarasehan (IKAPPAM dan HIMMAH AL-MUNA) serta maqbaroh, maka tibalah pada acara puncak yaitu Khataman Al-Qur’an XV dan majlis haul ke-81. Sebagai basis pondok Qur’an, Pondok Krapyak selalu menyelenggarakan wisuda Khataman Al-Qur’an sebagai bentuk tasyakuran atas santri-santri yang telah menyelesaikan hafalan Qur’an-nya.

Khataman XV ini diikuti oleh 185 santri yang terdiri 120 khatimin Juz ‘Amma dan 49 khatimin – 16 khatimat 30 Juz Bil Ghoib. Satu di antara khatimin-khatimat yang diwisuda tahun ini juga telah berhasil menyelesaikan hafalan Al-Qur’an ala Qira’at Sab’ah (tujuh bacaan Al-Qur’an), yaitu H M Abdullah Faqih. Santri asal Semarang yang merupakan Juara MHQ Internasional di Masjidil Haram, Arab Saudi tahun 2017 silam ini telah menyelesaikan setoran Al-Qur’an secara langsung kepada KHR M Najib Abdul Qodir, pengasuh Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak.

Baca Juga: Madrasah Tahfidh Putri Anak Mewisuda 28 Khatimat

Animo masyarakat menyambut haul tahun ini terihat dan terasa sedari pagi di sepanjang jalan KH Ali Maksum yang mulai berduyun-duyun memadati Pesantren Krapyak. Hadir dalam majlis khataman dan haul, KH Ahmad Masduqi Abdurrahman, dari Perak, Jombang, Wakil ketua DPR RI Dr H A Muhaimin Iskandar M.Si. (Cak Imin), dan juga KH Agus Ali Masyhuri, Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo, yang nantinya akan memberikan mauidoh hasanah dalam majlis haul, serta para masayikh dan para pejabat pemerintahan.

Prosesi wisuda khataman Qur’an ini dimulai tepat seusai shalat Maghrib di halaman Masjid Jami’ Al-Munawwir. Prosesi wisuda khataman ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama yaitu prosesi wisuda Juz-‘Amma yang selesai tepat saat adzan Isya’ dikumandangkan. Kemudian dilanjutkan sesi kedua, prosesi wisuda khatimin-khatimat 30 Juz Bil Ghoib.

Pembacaan maqro’ langgam Krapyak dilantunkan oleh khatimin-khatimat selama kurang lebih satu jam kemudian ditutup do’a khotmil Qur’an oleh KHR M Najib AQM.  Sebagai akhir dari prosesi wisuda Khataman XV ini yaitu pengalungan samir khatimin-khatimat dan musafahah yang dilakukan langsung oleh KHR M Najib AQM untuk para khatimin, sedangkan untuk khatimat dilakukan oleh Hj Ida Fatimah Zainal dan Hj Musta’anah Saniyah.

Dengan adanya khataman ini, santri-santri akan mendapatkan semangat baru dalam menata kembali niat dan tujuan dari rumah, untuk jihad di pesantren Krapyak khususnya menghafal dan mempelajari ilmu-ilmu Al-Qur’an. Selain itu juga sebagai bentuk ungkapan ta’dim kepada guru-guru terdahulu (baca:perintis) yang telah berjuang li i’la kalimatillah.

Tinggalkan Balasan