Kenalkan Lingkungan Pesantren, Komplek R2 adakan Orientasi Santri Baru (OSABA)

3 months ago
durasi baca: 2 menit

 

Tahun ajaran baru telah dimulai. Setelah proses penerimaan santri baru, komplek R2 Pondok Pesantren Almunawwir Krapyak melakukan kegiatan sejenis ospek yang disebut dengan OSABA (Orientasi Santri Baru).

OSABA adalah masa orientasi bagi para santri baru yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Tahun ini, OSABA Komplek R2 diselenggarakan pada tanggal 27-28 Juli 2019 yang bertempat di aula G PP Almunawwir Krapyak.

Serangkaian acara OSABA yang telah disusun oleh panitia terlaksana dengan baik. Dimulai dengan beberapa sambutan dari ketua panitia, lurah komplek kemudian pengasuh komplek R2 Ibu Nyai Hj. Ida Fatimah ZA, M.SI.

Dalam sambutannya, Ibu Nyai Ida berpesan bahwasannya “santri yang mondok itu ya berjihad. Jihad adalah bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu. Man jadda wa jada. Ora keno ora”. Begitulah dawuh bu Nyai untuk menguatkan tekad para santri dalam menimba ilmu di pesantren.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan beberapa materi seperti ke Almunawwiran, ke-Aswajaan, dan ke-Kopontrenan yang diisi langsung oleh ahlain-ahlain Krapyak dan ustazah komplek R2.

Pada hari kedua, Ahad, 28 Juli 2019, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan beberapa lomba seperti MSQ (Musabaqoh Syarhil Quran), MQK (Musabaqoh Qiroatul Kutub), Drama Hikmah dan beberapa lomba lainnya.

Perlombaan ini ditujukan unuk mencari bakat-bakat yang dimiliki oleh para santri baru. Acara tersebut berjalan lancar, meskipun notabene mereka adalah santriwati baru, para juri dan panitia berhasil dibuat takjub dengan bakat yang dimiliki oleh beberapa peserta Osaba.

Sebagai acara penutup, semua peserta dan panitia berkumpul di aula G untuk mengikuti penutupan OSABA 2019.  Dalam acara penutupan, panitia menayangkan video “pengurus komplek” hasil karya peserta OSABA.

Selepas itu, dilanjutkan dengan pengumuman juara perlombaan serta pembagian hadiah kepada para pemenang lomba. Acara tersebut diakhiri dengan Halal Bi Halal antara panitia dan peserta OSABA 2019. Harapannya, semoga OSABA tahun berikutnya bisa lebih baik lagi. (Balqis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *