Kebiasaan Unik KH Nawawi Abdul Aziz

by April 21, 2020
Esai Masyayikh 0   134 views
durasi baca: < 1 menit

Almunawwir.com – Mbah Nawawi, begitu sapaan masyarakat pada KH Nawawi Abdul Aziz. Beliau memiliki kebiasaan unik yang mungkin bagi sebagian kalangan cukup aneh dan terkesan kurang pantas dilakukan oleh seorang kiai. Beliau sering memutar radio cukup keras dalam kesehariannya. Gus Muslim, salah satu putera beliau bahkan pernah menyatakan bahwa kebiasaan abahnya itu bisa menimbulkan prasangka buruk bagi orang yang belum mengetahuinya.

Suara radio yang diputar Mbah Nawawi bahkan sering terdengar dari kamar para santri di tengah heningnya malam. Terkadang ada juga tamu yang hendak bertamu kepada beliau mendapati beliau sedang memutar radio cukup keras di ruang tamu. Kebiasaan yang cukup unik bagi kiai sekaliber Mbah Nawawi.

Kebiasaan itu dilakukan oleh Mbah Nawawi bukan untuk mendengar dangdut atau mungkin wayang. Melainkan dengan tujuan semata-mata untuk mendengarkan adzan supaya beliau bisa segera bergegas untuk sholat jamaah di musholla.

Beliau tak ingin telat sedikitpun untuk sholat di awal waktu. Bahkan beliau sering menegur para santri jika adzan di radio sudah dilantunkan tapi di musholla belum juga adzan.

Saking semangatnya untuk jamaah di awal waktu, pernah suatu ketika beliau menyuruh santri untuk segera adzan ashar dikala suara adzan di radio sudah terdengar. Tapi kemudian dijelaskan oleh santri tersebut bahwa waktu masih jam 2 siang dan belum masuk waktu sholat ashar.

Semoga semua amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT dan kita bisa “kecipratan berkah” dari keistiqomahan Mbah Nawawi. Amiin..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *