Ibu Nyai Hj. Ida Fatimah Zainal: Halal Bihalal sebagai Penyempurna Ibadah

2 months ago
durasi baca: 1 menit

Setelah tiga puluh hari memohon rahmah, hidayah serta maghfirah-Nya di bulan Ramadhan, maka momen Idul Fitri di bulan Syawal menjadi waktu yang tepat sebagai ajang saling memaafkan.

Momentum Syawal bukan hanya melaksanakan ibadah yang berhubungan dengan Allah swt (hablun minallah) saja, akan tetapi hubungan dengan sesama manusia (hablun minannas) juga diperbaiki dengan adanya kegiatan Halal Bihalal.

Hal ini sejalan dengan pangandikan Ibu Nyai Hj. Ida Fatimah Zainal dalam acara Halal Bihalal keluarga besar Komplek R Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, semalam.

Meskipun Ramadhan telah berlalu, namun kita harus terus berusaha untuk istiqamah (konsisten). Ada banyak sekali jenis istiqamah, namun beliau berpesan paling tidak satu keistiqamahan dulu sebagai upaya peningkatan kualitas diri di bulan Syawal, yaitu istiqamah dalam menjaga lisan. Menjaga lisan dimulai dari memilih makanan dan minuman yang halalan thoyyiban. Selain itu juga dibarengi dengan usaha untuk tidak berbohong, berkhianat, dan menyakiti orang lain dengan lisan.

Dengan diadakannya kegiatan Halal Bihalal keluarga besar komplek R yang juga dihadiri oleh dewan asatidz ini menjadi penanda bahwa para santri sudah siap untuk kembali dengan rutinitas kegiatan di pondok pesantren.

Ibu Nyai Ida berpesan khusus kepada para santri bahwa bukan hanya ibadah yang ditingkatkan melainkan juga semangat mengaji dan belajar para santri. (isnasrr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *