Haul Ke 6 Kiai Zainal, Belajar dari Sikap Kezuhudannya

by Desember 13, 2019
Warta 0   594 views
durasi baca: 2 menit

Almunawwir.com – Bakda Isya, sekitar pukul delapan inti acara Haul Kiai Zainal Abidin Munawwir sukses dilaksanakan. Acara ini bertempat di Aula AB dan musala komplek R Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak.

Dalam memperingati Haul Kiai Zainal Abidin yang ke 6, Keluarga Ndalem Almarhum Kiai Zainal dan dibantu pengurus komplek AB, CD, R1,dan R2 mengadakan 2 agenda yaitu Khotmil Quran dan Pengajian.

Tepat pada hari Rabu pagi (11/12/2019) Khotmil Quran dibuka langsung oleh Ibu Nyai Ida Fatimah Zainal. Acara ini terdiri dari 2x simaan dan 3 kali Muqodamaan yang dilaksanakan oleh para santri dan alumni. Kemudian ditutup dengan doa Khotmil Quran pada keesokan harinya di musala komplek R.

“Semoga beliau mendapatkan anugerah terindah di sana”, ucap Ibu Nyai Ida dengan mata yang berkaca kaca usai pembacaan doa Khotmil Quran.

Sedangkan acara pengajian dilaksanakan pada hari Kamis (12/12/2019) dengan dihadiri oleh beberapa pengasuh pondok pesantren yang ada di Yogyakarta, ketua RT 5-8, beberapa tokoh agama, santri dan alumni.

Acara ini dibuka dengan penyambutan oleh shohibul bait, bapak Nur Kholish S. Pd M. Sc lalu dilanjut dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh KH R Muhammad Najib Abdul Qodir.
Usai tahlil acara dilanjutkan dengan Mauidhoh Khasanah yang diisi oleh KH Ihsanudin Muslim pengasuh pondok pesantren Binaul Ummah.

Beliau menerangkan tentang perjalanan hidup Kiai Zainal Abidin Munawwir beserta beberapa kisah hikmah. Dikisahkan bahwa ketika beliau (Mbah Kiai Zainal) menjabat jadi DPR beliau menggunakan sepeda ontel untuk menuju kantor meskipun telah disediakan fasilitas. Selain itu selama menjabat menjadi DPR beliau tidak pernah mengambil gajinya seperserpun.

“Yang paling mashur dari mbah Kiai Zainal adalah kezuhudannya”, terang kiai Ihsan.

Pewarta: Khansa Syaridah

Khansa Syaridah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *