Dukung Silatnas Bu Nyai Nusantara I, Pondok Krapyak Adakan Sosialisasi Silatnas

1 month ago
durasi baca: 2 menit

Photo: @Pondok_Krapyak

Krapyak – Hari Jumat lalu (5/07/2019) diadakan Sosialisasi Silaturahmi Nasional (Silatnas) Bu Nyai Nusantara 2019 di Yayasan Ali Maksum Yogyakarta. Di antara beberapa penyelenggara yang hadir antara lain Ibu Ny. Hj. Maslachatul Ammah dari Pondok Tambak Beras Jombang, Ibu Ny. Hj. Maria Ulfa dari Pondok Pesantren Al-Hidayat Lasem, serta Ibu Ny. Hj. Nur Azizah dari Pondok Jampes Kediri.

Acara sosialisasi ini dimaksudkan sebagai ajang silaturahim penyelenggara sekaligus memperkenalkan acara tersebut ke pondok-pondok pesantren.

Nyai Hj. Maya Fitria, dalam sambutan singkatnya mewakili pengasuh Pondok Krapyak menyampaikan,“Pondok Krapyak menyambut baik Silatnas Bu Nyai ini. Sosialisasi di Krapyak ini, diantaranya agar acara silatnas yang akan berlangsung seminggu lagi (13-14 Juli 2019) dapat tersosialisasikan dengan baik. Karenanya, kami dengan sengaja mengundang santriwan-santriwati yang mengelola akun medsos, seperti krapyak.org, almunawwir.com, ala santri, jejaring AIS Nusantara maupun medsos-medsos di semua asrama pondok Krapyak”.

“Acara ini diadakan sebagai ajang silaturahmi sekaligus mengukuhkan jalinan ukhuwah islamiyah, wathoniyah dan mahabbah di kalangan dzuriyyah pesantren di Indonesia, terutama untuk para Ibu Nyai Nusantara,” ujar Ibu Ny. Hj. Maslachatul Ammah selaku Ketua Silatnas Ibu Nyai Nusantara 2019.

Beliau juga mengatakan, rencana awal acara ini akan diadakan di wilayah Jawa Timur saja sebagai program kerja RMI Jawa Timur, namun pada akhirnya diperluas hingga lingkup nasional berdasarkan gagasan dari para pengurus PWNU Jawa Timur, mengingat belum pernah ada acara serupa di lingkungan Nahdlatul Ulama.

Acara ini juga diadakan sebagai bentuk keprihatinan sesepuh NU akan isu keagamaan dan kebangsaan di Indonesia. Para sesepuh terus berharap agar ajaran para Ibu Nyai dan pendahulu pesantren tetap berada di hati semua orang, terutama dzuriyyah yang berperan penting dalam perkembangan pendidikan Islam dan pergerakan perempuan di Indonesia.

Karena itu, selain menjadi wadah jalinan silaturahim antar Ibu Nyai dari berbagai pesantren, acara Silatnas Ibu Nyai Nusantara 2019 ini juga diisi dengan diskusi kebangsaan bertajuk “Bu Nyai & Reaktualisasi Islam Kebangsaan”, serta berbagai panel forum group discussion dengan topik-topik yang terkini seputar isu perempuan, agama, dan kebangsaan, yaitu, Respon pesantren terhadap fenomena Hijrah Style, Pemberdayaan Ekonomi Pesantren, Gerakan Ayo Ngaji & Santri Mengajar, dan Deradikalisasi dalam keluarga, serta deklarasi gerakan Ayo Ngaji Kitab.

Acara ini akan dilaksanakan di Hotel Fairfield by Marriott, Surabaya tanggal 13-14 Juli 2019. Untuk mendaftar, peserta dapat mengakses tautan bit.ly/silatnas-bunyainusantara atau mengontak narahubung melalui Whatsapp ke nomor 085815912010 (Ibu. Ny. Maslachatul Ammah) atau ke nomor 081296784788 (Ning Mas Ucik Fatimatuzzahra).

Sumber: https://krapyak.org/2019/07/06/dukung-penyelenggaraan-silatnas-bu-nyai-nusantara-pondok-krapyak-adakan-sosialisasi-silatnas/(dewirosfaliantitabligh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *