Dubes Arab Saudi Apresiasi Kebesaran Pesantren Krapyak

by Januari 6, 2020
HAUL Warta 0   431 views
durasi baca: 2 menit

Bersemangat: Dubes RI untuk Arab Saudi Dr. Agus Maftuh Abrigibriel mengapresiasi kebesaran Pesantren Krapyak. Sumber Foto: Istimewa

Almunawwir.com – Mbah Ali ini termasuk al adib al lughowi filologis ahli bahasa, ruh inilah yang saya bawa ke Arab Saudi ketika menjadi seorang Diplomat. Berikut penuturan Dr. Agus Maftuh Abrigiebril pada sambutan yang beliau sampaikan dalam rangka memperingati Haul Almaghfurlah KH Ali Maksum ke-31 pada Sabtu, 04/01/2020.

Sementara itu, perasaan menderuh disampaikan oleh Pak Agus Maftuh perihal kealpaan seseorang yang di setiap Haul KH Ali Maksum selalu hadir dan berada di satu majlis dengan kita.

“Tahun ini haul tersedih yang pernah saya rasakan,” Duta Besar RI untuk Arab Saudi itu melanjutkan,”Sebenarnya setiap peringatan Haul Almaghfurlah KH Ali Maksum di depan kita ada guru saya, orang tua saya sekaligus mursyid saya, yaitu KH Maimun Zubair. Setiap Haul Mbah Ali, beliau rawuh ke sini, hari ini beliau tidak datang di sini.” Ujar Pak Agus yang dulu Ibunya pernah menjadi khodimah di ndalem KH Ma’shum Lasem.

Terakhir, dalam sambutannya Dubes RI untuk Arab Saudi itu menyampaikan “Saya apresiasi besar, kebesaran Krapyak yang digdaya ini mengingatkan kami pada sebuah syair Maruf al Rusafi, seorang penyair Irak, dia mengatakan “khoruin naasi dzul hasabin qodimin aqoma linafsihi hasaban jadida,” sebaik-baik orang adalah orang yang mempunyai kebesaran masa lalu. Seperti yang dialami Mbah Ali, ada Mbah Ma’sum dan ada Mbah Munawwir, kemudian Mbah Ali akhirnya aqoma linafsishi hasaban jadida,  membuat tradisi baru untuk membesarkan tinggalannya Mbah Munawwir, sebagaimana yang sekarang dilakukan oleh Kiai Attabik beserta keluarga Krapyak lainnya.”

Hal ini menunjukan perkembangan Pondok Pesantren Krapyak dari zaman Mbah Munawwir sampai saat ini yang terus berkembang hingga salah satunya mendirikan sebuah perguruan tinggi.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan