Dramatikal Fiqih : “Ajang untuk Membangun Kratifitas & Melatih Mental Santri”

almunawwir.com (Krapyak) – Muharroman dan Komplek Meeting 1439 H Pondok Pesantren Krapyak masih terasa syhadu dan bersatu hingga malam pentas seni drama, merupakan kebahagiaan dan keceriaan para santri krapyak di bulan Muharrom, dan menjadi malam ke-15 Muharrom sekaligus malam agenda perlombaan dramatikal fiqih yang diikuti oleh santri krapyak dari seluruh komplek pada malam jum’at  di Aula AB (5/10).

Dengan mengusung tema “dari santri untuk negeri” yang merupakan jargon muharroman tahun 1439 H ini, sebagai upaya untuk menjalin ukhuwah islamiyah antar santri.

Sedari usai jama’ah sholat isya’, sekitar pukul 20.00 waktu setempat (5/10), santri-santri telah memadati Aula AB, pertanda mereka siap menanti-nanti salah satu agenda yang penting dan menjadi moment yang ditunggu-tunggu.
Setelah beberapa cabang perlombaan dan cabang olahraga (CCP, kaligrafi, tarik tambang, MHQ dan MSQ) diselenggarakan dan telah terlaksana pada hari sebelumnya, malam keseruan selanjutnya adalah Dramatikal Fiqih, yang merupakan salah satu ajang kreatifitas santri dan pengolah mental mereka dengan penampilan semaksimal mungkin dalam aplikasi drama yang tetap membawakan identitas pondok dengan ilmu fiqh.

Dalam agenda malam tadi, para santri (komplek) yang tampil diberikan batas waktu selama sepuluh menit untuk menampilkan kajian fiqh dalam bingkisan drama. Alhasil, berbagai macam kreatifnya para santri menjadi media kocok perut serta penyampaian ilmu bagi santri lain yang menyaksikan.
Salah satu panitia mengatakan bahwa dengan adanya perlombaan semacam ini, santri yang biasanya di elu-elukan selalu bergelut dengan dunia kitab mampulah memangkas tanggapan negatif mengenai santri, “Tentu saja saya sangat mendukung salah satu ajang kreatifitas Santri Krapyak yang mana nantinya mampu menjadi jalan metamorfosa para santri namun tetap pada koridor hakikat seorang santri,” ungkap Ana, salah satu panitia muharroman disela-sela acara tersebut.

Sedangkan Muharroman dan Komplek Meeting 1439 H kali ini di selenggarakan selama satu bulan penuh, yang mana masih ada banyak perlombaan lainnya guna menyemarakkan bulan Muharrom kali ini. [Aninda]

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *