Dorong Iklim Demokrasi Pesantren, Komplek R2 Helat Pemilur

by Desember 8, 2019
Warta 0   285 views
durasi baca: 2 menit

Krapyak – Santri Pondok Pesantren Almunawwir Komplek R2 menyelenggarakan Pemilihan Lurah (PEMILUR) pada Ahad, 8 Desember 2019. Acara ini diselenggarakan di halaman komplek R2 sekitar jam 09.00 WIB.

Dengan mengusung tema ‘Mewujudkan Keadilan Sosial Melalui Demokrasi Multikultural’, acara ini dihadiri oleh seluruh santri Komplek R2 dengan antusias dan dibuka langsung oleh Ibu Nyai Ida Fatimah Zainal selaku pengasuh Komplek R2.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa di kerajaan kecil ini (Komplek R2) kita belajar demokrasi dimana setiap orang itu membutuhkan pemimpin guna mengatur tatanan yang ada. Apabila hidup tidak mau diatur maka yang terjadi adalah akan menjadi pemberontak sehingga tidak memiliki teman dan hidup pun tidak akan tenang.

Dilanjutkan dengan orasi dari masing masing kandidat Lurah yaitu kandidat no. 1 Khoniq Nur Afifah (Wonosobo), Ayna Jamila Salsabila (Pemalang) sebagai kandidat no. 2 dan Faiqotul Khosyiah (Jombang) sebagai kandidat no. 3. Para kandidat menyampaikan visi misi mereka dan dilanjutkan dengan pemberian pertanyaan oleh sesepuh komplek dan para santri.

Pemilihan Lurah ini dilakukan dengan asas LUBER JURDIL (Langsung Umum Bebas Rahasia Jujur dan Adil). Para santri memilih di bilik pemungutan suara secara individu dan tertib kemudian memasukan kertas suara ke dalam kotak suara. Agar tidak terjadi kecurangan santri yang telah memilih diberi tanda dengan memasukan jarinya ke dalam wadah tinta yang telah disediakan. Bagi santri yang berhalangan hadir dikarenakan uzur seperti pulang dll, panita menyediakan Google Form sebagai sarana memilih dalam jarak jauh.

Pemungutan suara dimenangkan oleh kandidat no. 3 yakni Faiqotul Khosyiah dengan total pemilihan suara sejumlah 105 dari 180 santri yang ada. Acara ini diakhiri dengan penyerahan secara simbolik oleh Lurah sebelumnya yaitu Naila Latifatul Lu’lu’ah kepada lurah terpilih. (Khansa)

Khansa Syaridah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *