Di Pesantren Krapyak, Mahasiswa Universitas Kebangsaan Malaysia Belajar Sistem Pendidikan Pesantren

1 month ago
durasi baca: 2 menit

 

Krapyak – Sabtu, 14 September 2019 Pondok Pesantren Almunawwir Krapyak Yogyakarta menerima kunjungan dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Rombongan yang beranggotakan 16 orang mahasiswa tersebut diterima dengan ramah oleh KH. Mukhtarom Ahmad, selaku perwakilan dewan pengasuh Pondok Pesantren Almunawwir pada pukul 14.00 WIB di Aula G.

Ahmad Furqon bin Ismail, perwakilan mahasiswa Universiti Kebangsaan Malaysia menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan ajang silaturahmi dan pengenalan budaya. Dia berharap dengan silaturahmi dan saling bertukar budaya bisa mendapat ilmu dan pengetahuan-pengetahuan yang baik  untuk dibawa ke negeri Malaysia.

Dalam sambutannya, KH. Mukhtarom Ahmad mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya ke Pondok Pesantren Almunawwir. “Sebagaimana dawuh kanjeng Nabi,  مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ  semoga kunjungan ini bisa menjadikan keberkahan umur bagi kita semua”, tutur beliau. Lebih lanjut, beliau menjelaskan tentang selayang pandang Pondok Pesantren Almunawwir dari mulai berdirinya sampai sekarang ini.

Ustadz Abdul Jalil yang turut serta dalam acara penyambutan ini, menyampaikan beberapa materi tentang ke-pesantren-an di Indonesia. Beliau mengatakan bahwa pondok pesantren di Indonesia memiliki ciri masing-masing, ada yang terfokus pada pengajaran kitab-kitab klasik, ada yang terfokus pada pengajaran Alquran seperti Almunawwir, dan ada juga yang terfokus pada pengajaran bahasa serta ilmu-ilmu formal atau yang biasa disebut sebagai pondok modern. Kemudian, beliau juga menjelaskan beberapa hal tentang Pondok Pesantren Almunawwir, baik dari segi pengajaran, budaya, maupun yang lainnya.

Acara ini ditutup dengan do’a oleh KH Mukhtarom Ahmad dan dilanjut dengan pemberian cinderamata dari Universiti Kebangsaan Malaysia kepada Pondok Pesantren Almunawwir dan juga sebaliknya. Selanjutnya, mahasiswa-mahasiswa tersebut diantar oleh pengurus untuk melihat beberapa komplek yang ada di Pondok Pesantren Almunawwir.

Baca Juga: Kembali Digelar, Muharraman dan Komplek Meeting Meriahkan Tahun Baru Hijriah 1441 H

Reporter: Alans Marzuq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *