Al Munawwir Helat Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia

by Agustus 17, 2018
Warta 0   153 views
durasi baca: < 1 menit
Doc @almunawwir_com

KRAPYAK –Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 dihelat di Pondok Pesantren Al Munawwir. Seluruh santri berbaris rapih untuk menyukseskan sekaligus menyemarakkan upacara sakral tersebut.

Upacara ini merupakan sebagian wujud dari rasa syukur para santri atas kemerdekaan Republik Indonesia yang dijajah selama 350 tahun dengan perlawanan penuh.

Selaku pembina upacara dalam kesempatan kali ini adalah KH Fairuzi Afiq Dalhar. Pidato amanah disampaikan dengan lugas menyinggung perjuangan kiai dan ulama dalam memerdekakan bangsa Indonesia.

Baca Juga : Jelang HUT RI, Pondok Krapyak Gelar Diskusi “ Membedah Kiprah Kyai dan Santri Sebagai Benteng NKRI”

“Perlu diketahui, para ulama, kiai, dan pejuang telah berusaha keras dalam memerdekakan bangsa ini. Mereka bersikukuh untuk merebut kedaulatan bangsa dari para penjajah; Portugis, Belanda, Inggris, dan lalu Jepang. Hingga pada saatnya kemerdekaan itu diproklamirkan pada 17 Agustus 1945 tepat di hari Jum’at,” tukas Abah Uzi.

Yang menambah keseruan dari upacara kali ini, selain menyanyikan lagu Indonesia Raya dan beberapa lagu wajib lainnya, ternyata “Yaa lal Wathon Hubbul Wathon Minal Iman” juga dikumandangkan oleh para kiai dan santri.  

Yaa lal Wathon sendiri merupakan hymne perjuangan nahdliyin dalam memerjuangkan Indonesia. Lirik dari lagu ini diciptakan oleh KH Abdul Wahab Hasbullah.

Upacara lantas ditutup dengan doa yang disampaikan oleh KH Najib Abdul Qodir. (aq)

Tinggalkan Balasan