Ada Apa dengan PKR Tahun Ini?

by Mei 2, 2020
PKR Warta 0   201 views
durasi baca: 2 menit

Tua-Muda dan gembira, peserta PKR tahun lalu. (Doc: Almunawwir)

 

Almunawwir.com – Pada umumnya, masing-masing pesantren di Indonesia mempunyai program khusus untuk menyambut bulan Ramadhan. Program-program tersebut memiliki penyebutan nama yang berbeda-beda.

Di kalangan santri, kegiatan itu biasa disebut dengan istilah ngaji kilatan. Pondok Pesantren Al-Munawwir menamai ngaji kilatan ini dengan Program Khusus Ramadhan (PKR). Dalam pengetianya merupakan sebuah program kegiatan yang diselenggarakan khusus pada bulan ramadhan di pesantren Al-Munawwir, Krapyak.

Program itu berisi kegiatan bandongan kitab, kuliah tujuh menit (kultum), menyimak pembacaan Al-Quran metode tallaqi dan buka – sahur bersama. PKR diikuti oleh semua lapisan masyarakat yang ingin mendalami ajaran Islam.

Berbicara tentang PKR (Program Kegiatan Ramadhan) di tengah pandemi virus Covid-19, tidak bisa dilepaskan dari peran pemerintah dalam menanggulanginya demi keselamatan masyarakat. Sejalan dengan intruksi yang berlaku, PKR tahun 1441 H dilaksanakan via daring. Hal itu bukan berarti tidak ada program Ramadhan seperti biasanya, melainkan program kali ini dikhususkan untuk santri Al-Munawwir yang masih berada di pondok. Sedangkan untuk santri yang sudah berada di rumah juga masyarakat umum yang berkeinginan mengikuti PKR dapat mengakses melalui akun media sosial pondok.

Baca Juga: Renungan Ramadhan: Guru, Pengekang Hawa Nafsu

Keputusan tersebut diambil melalui rapat yang cukup panjang sehingga membuahkan hasil bahwa PKR tahun ini berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun lalu. PKR dengan jargon “Menata Hati di Bulan Suci dengan Ibadah dan Mengaji” ini menjadi program Ramadhan yang cukup terhambat, efek virus corona, yang memaksa peralihan bentuk pengajian yang kini tidak bisa tidak harus dilakukan melalui jejaring digital seperti facebook, instagram, youtube, twitter, dan whatsapp.

Panitia PKR menggunakan live streaming dan posting pada instagram, youtube dan spotify. Adapun kegiatan streaming tersebut adalah: Pengajian kitab kumpulan hadis Nabi Muhammad SAW karya Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi (Riyadhus Shalihin) oleh Gus Muhammad Yunan di instagram @almunawwir.com, Kitab Bulughul Maram oleh Gus Faiq Muhammad di akun youtube almunawwirtv dan kuliah tujuh menit (kultum) ba’da sholat shubuh oleh Gus Afif Muhammad di Spotify.

Melalui kanal-kanal tersebut semua santri dan masyarakat umum dapat mengakses kegiatan spiritual keagamaan Islam. PKR tahun 1441 H mengajak kita melewati hambatan corona ini dengan mengisi kegiatan meraih berkah Ramadhan di tengah keterisolasian dan kecemasan yang melanda. (Ahmad Ibnu Amar/K1)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *